Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah melalui Pemanfaatan Media Internet pada Siswa Kelas XI IA3 SMA Negeri 11 Banda Aceh

Nurfidah Nurfidah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar sejarah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IA3 SMA Negeri 11 Banda Aceh tahun pembelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA3 tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui pemanfaatan media internet dalam pembelajaran sejarah bagi siswa kelas XI IA3 di SMA Negeri 11 Banda Aceh diperoleh hasil tes pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 60% nilai rata-rata kelas sebesar 67 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 100.% dengan nilai rata-rata kelas 85. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 43,33% dan nilai rata-rata adalah 56. Dengan demikian melalui pemanfaatan media internet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IA3 SMA Negeri 11 Banda Aceh pada mata pelajaran sejarah materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Selain itu, hasil pengamatan pada proses belajar mengajar memperlihatkan perubahan siswa lebih aktif pada siklus I dan siklus II.
Kata Kunci : Hasil Belajar, internet, proklamasi kemerdekaan Indonesia

 


Full Text:

PDF

References


Andrias, Harefa. 2002. Menjadi Manusia Pembelajar (Pemberdayaan Diri, Transformasi Organisasi dan Masyarakat Lewat Proses Pembelajaran). Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,

Jakarta: Reineka Cipta.

Damayanti, Feryana. 2010. „Studi Komparasi Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Temanggung Antara Yang Diajarkan Dengan Pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking Dan Pendekatan Cooperative Model Think-Pair-Share’. Skripsi: Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES.

Dimyati, Mudjiono, 1994. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Depdikbud.

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik: Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Idris, Fazilah. Mac 2010. Jurnal Bahasa (Pembelajaran Bahasa). Termuat dalam Makalah Internet dan Belajar Berkumpulan.

Nafisah Binti Murshid. 2001. Hubungan Penggunaan Media Komputer Berbasis Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Malaysia Di Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2000/2001. (Skripsi). Jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Oetomo Dharma Sutedjo, Budi. 2002. e-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Parji, 2011. Strategi Pembelajaran Pendidikan Moral pada Era Teknologi Informasi. Madiun.

Pasaribu, I.L, dan Simanjuntak, B. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Sadiman, Arief. S, dkk. 1993. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wasino. 2007. Dari Riset hingga Tulisan Sejarah. Semarang: UNNES Press. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :