AKTUALISASI NILAI TASAWUF DALAM SPIRITUALITAS KEHIDUPAN

Wahyu Khafidah

Abstract


Aktualisasi tasawuf dalam spiritualitas kehidupan dapat dilihat dari peranan tasawuf dalam kehidupan. Aktualisasi tasawuf dalam spiritualitas dilanjutkan dengan penerapan (aplikasi) tasawuf dalam kehidupan yang serba modern yakni dimulai dari zuhud, wara, tawakkal, ridha.


Full Text:

PDF

References


Amir An-Najar, Ilmu Jiwa dalam Tasawuf, Jakarta: Pustaka Azam, 2004.

Asep Usmar Ismail, dkk, Tasawuf, (Jakarta: Pusat Studi Wanita UIN Jakarta, 2005.

Hadi Mutamam, Maqam-Maqam Sufi dalam Alqur’an, Yogyakarta, Al-Manar: 2009.

Hasyim Muhammad, Dialog Antara Tasawuf dan Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002.

Hughes, K., & Batten, L. (2016). The Development of Social and Moral Responsibility in Terms of Respect for the Rights of Others. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(2), 147-160. doi:10.26811/peuradeun.v4i2.93

Idris, S., & Ramly, F. (2016). Dimensi Filsafat Ilmu dalam Diskursus Integrasi Ilmu. Yogyakarta: Darussalam Publishing

Idris, S., & Tabrani ZA. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96–113. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420

Kaylene, P., & Rosone, T. (2016). Multicultural Perspective on the Motivation of Students in Teaching Physical Education. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(1), 115-126. doi:10.26811/peuradeun.v4i1.90

Meraj, M. (2016). Islamic Approach to the Environment and the Role's in the Environment Protected. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(1), 1-14. doi:10.26811/peuradeun.v4i1.81

Muhkhibat, Spiritualisasi dan Konfigurasi Pendidikan Karakter Berparadigma Kebangsaan dalam Kurikulum 2013, Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, vol 14, no 1. Juni 2014.

Mulyadhi Kartanegara, Menyelami Lubuk Tasawuf, Jakarta: Erlangga, 2007.

Syafiq A Mughni, Nilai-nilai Islam: Perumusn Ajaran dan Upaya Aktualisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Tabrani ZA, & Masbur. (2016). Islamic Perspectives on the Existence of Soul and Its Influence in Human Learning (A Philosophical Analysis of the Classical and Modern Learning Theories). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 99–112.

Tabrani ZA. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (antara Tradisional dan Modern). Kuala Lumpur: Al-Jenderami Press.

Tabrani ZA. (2012). Future Life of Islamic Education in Indonesia. International Journal of Democracy, 18(2), 271–284.

Tabrani ZA. (2013). Modernisasi Pengembangan Pendidikan Islam (Suatu Telaah Epistemologi Pendidikan). Serambi Tarbawi, 1(1), 65-84.

Tabrani ZA. (2014a). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Darussalam Publishing.

Tabrani ZA. (2014b). Islamic Studies dalam Pendekatan Multidisipliner (Suatu Kajian Gradual Menuju Paradigma Global). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 211–234.

Tabrani ZA. (2015a). Arah Baru Metodologi Studi Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Tabrani ZA. (2015b). Persuit Epistemology of Islamic Studies (Buku 2 Arah Baru Metodologi Studi Islam). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Walidin, W. (2016). Informal Education as a Projected Improvement of the Professional Skills of Employees of Organizations. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(3), 281-294. doi:10.26811/peuradeun.v4i3.103

Walidin, W., Idris, S., & Tabrani ZA. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: