Perilaku Seks Pranikah pada Remaja Kota Juang Bireun

Nurlaely HS, Fikarwin Zuska, Achmad Rifai

Abstract


Problem yang terjadi di Aceh untuk persoalan pacaran terkait aktifitas seksual semakin meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seks pranikah pada remaja di Desa Meunasah Gadong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Tahun 2017. Fokus penelitian ini adalah remaja yang melakukan hubungan seksual (intim) sebelum menikah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi naratif, dimana informan dalam penelitian ini adalah remaja putri yang melakukan hubungan seksual (intim) yang mengakibatkan kehamilan pranikah berjumlah 2 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (in depth-interview). Analisis data menggunakan teknik “on going analysis.” Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya kehamilan pada remaja dipengaruhi oleh adanya tekanan dari pacar, pergaulan bebas, kurang perhatian keluarga, kurang pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, kurangnya pengawasan masyarakat umum dan pendidikan agama.
Kata kunci: Seks Pranikah, Remaja

Full Text:

PDF

References


Andalia, N., Agnes, dan M. Ridhwan, 2017. Hubungan antara Pengetahuan dengan Persepsi Siswa terhadap Penularan Penyakit AIDs. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu/article/view/233

Anonimous, 2011. Yang Perlu Di Diketahui Petugas Kesehatan Reproduksi Remaja Jakarta: Kemenkes RI Direktoriat Jedral Bida Gizi dan KIA

Anonimous, 2017. Yang Muda Harus Berencana. Tribunnews.com.

Banun F, Soedijono S, 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Mahasiswa Semester V StiKes X. Jurnal Umum Kesehatan. Jakarta Timur.

Chandranita, M. 2012. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: EGC.

Fatmawati Y, 2013. Pengetahuan Seksualitas untuk Remaja Bekasi: Nusa Agung.

Hendra, 2013. Remaja dan Seks Bebas. http://www.hendra.com

Jones, D., 2005. Setiap Wanita. Jakarta: Delapratasa Publishing.

Sarwono, W., 2011. Psikologi Remaja Jakarta: Grafindo Persada

Taufik NR., 2005. Seksualitas Remaja Perbedaan Seksualitas antara Remaja yang tidak Melakukan Hubungan Seksualitas & Remaja yang melakukan Hubungan Seksual.

WHO., 2011. The Sexsual and Reproductive Health of Young Research Issues in Develoving Coutries.




DOI: https://doi.org/10.32672/jss.v7i1.990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Serambi Saintia : Jurnal Sains dan Aplikasi