Aplikasi Organic Soil Treatment (OST) dan Jarak Tanam terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jagung Manis (Zea mays L.)

Savitri Savitri

Abstract


Penggunaan pupuk an organic selama ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Namun pemberian pemberian pupuk an organic tidak dapat memperbaiki kondisi tanah. Salah satu alternative untuk mengembalikan keadaan kondisi tanah adalah pengaplikasian pupuk organic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk OST dengan jarak tanam yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi Jagung Manis. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan januari sampai dengan maret 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu pemberian OST (T) yang terdiri dari 3 taraf yaitu T0 = kontrol, T1 = 300 gram per plot dan T3 = 600 gram per plot, sedangkan faktor jarak tanam (P) terdiri dari 4 taraf yaitu P1 =15 x 30 cm, P2 = 15 x 40 cm, P3 = 15 x 50 cm dan P4 = 15 x 60 cm. Terdapat 12 kombinasi perlakuan, yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 36 satuan percobaan. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah tinggi tanaman, total luas daun dan panjang janten. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini di analisis menggunakan daftar sidik ragam (DSR) dan untuk menguji beda rata-rata antar perlakuannya, diuji dengan uji beda nyata terkecil (BNT). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perlakuan pupuk OST dan jarak tanam berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan total luas daun, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap panjang janten.

Kata Kunci: Pupuk organic, Jarak tanam, Pertumbuhan, produksi, jagung manis

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. 1990. Nutrisi tanaman. Rineka Cipta, Jakarta.

Anonim. 1989. OST is A Soil Regenerator> Rajawali Para Jaya. Jakarta.

Dwijoseputro, D. 1986. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Gramedia. Jakarta.

Gardner, F.P, pierce R.B, dan Mitchel, R.L. 1991. Fisiologi tanaman Budidaya (Terjemahan dari Physiology of Crop Plants) Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Hardjadi, S.s. 1991. Pengantar Agronomi. PT. Gramedia. Jakarta.

Koswara, J. 1986. Diktat Kuliah Umum Tanaman Setahun Jagung. Departemen Agronomi Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Lingga, P. 1993. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Subandi, M, Syam dan Widjono, A. 1988. Jagung Pusat penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Bogor.Jawa Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.