Kemampuan Masyarakat Gayo dalam Mengelola Sumber Daya Alam

Ellysa Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Masyarakat Gayo dalam Mengelola Sumber Daya Alam di Desa Batin Bandar Jaya Kecamatan Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah (Studi Kasus Kemampuan Mengelola Sumber Daya Alam antara Penduduk Asli dengan Penduduk Pendatang). Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Batin Bandar Jaya Kecamatan Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah, dengan jumlah populasi 110 kepala Keluarga (KK) atau 439 Jumlah Jiwa dan pengambilan sampel dalam penelitian secara porposif sampling dan diambil sebesar 10% dari keseluruhan masyarakat Kampong Batin Kec. Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah yaitu 110 KK (Kepala Keluarga) maka sampelnya adalah 44 Jiwa.Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa: bahwa masih terdapat perbedaan yang mendasar dalam pengelolaan sumber daya alam antara penduduk asli dengan penduduk pendatang di Desa Batin Kecamatan Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah. Penduduk asli masih belum bisa membuka peluang untuk dapat menyamakan persepsi serta teknis terkait pengelolaan palawija dengan penduduk pendatang. Terkecuali untuk tanaman kentang.

Kata kunci: Kemampuan Mengelola, Masyarakat, Sumber Daya Alam

Full Text:

PDF

References


Bungin Burhan. 2007.Metode Penelitian Social: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga Universitas Pres.

Gibson & Ivancevich & Donnely, 1994. Organisasi dan Manajemen. Perilaku, struktur, proses. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.

Husen, Umar. 2015. Metode Riset, Komunikasi Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kehati. 2009. Meteri Kursus Inventarisasi Flora dan Fauna Taman Nasional Meru Betiri. Malang.

Koenjaraningrat. 1987. Lingkungan: Sumber Daya Alam dan Kependudkna dalam Pembangunan. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Muin, Idianto. 2013.Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta Erlangga.

Otto, Soemarwoto. 1994. Ekologi Lingkungan dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT LKIS Pelangi Aksara.

Ritzer, George, and Goodman. Douglas J. 2004 Teori Sosiologi Moderen. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.