Pengelolaan Sampah Organik menjadi Gas Metana

Armi Armi, Dian Mandasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengelolaan sampah organik menjadi gas metana sebagai gas alternatif (biogas) yang digunakan oleh masyarakat di TPA Gampong Jawa, (2) Cara penyaluran gas metana sebagai gas alternatif (Biogas) yang dilakukan oleh pengelola TPA Gampong Jawa. Penelitian dilakukan pada tanggal 17 sampai 25 Oktober 2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif serta menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sampah organik yang ada di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Gampong Jawa Kecamatana Kutaraja Banda Aceh ini dilakukan secara teknik dengan mengikuti proses instalasi pipa sesuai dengan standarisasi yang ada serta diikuti dengan berbagai macam eksperimen sehingga gas tersebut dapat didistribusikan ke masyarakat sebagai gas alternatif (biogas), (2) Sistem penyaluran dilakukan dengan cara pemasangan pipa yang telah disambungkan ke tempat penampungan gas (tandon) yang dibangun ditengah-tengah lingkungan masyarakat dan dari tandon itulah masyarakat dapat menggunakan gas tersebut sebagai gas alternatif (biogas).

Kata Kunci : Sampah Organik, Gas Metana

Full Text:

Untitled

References


Armi, dan Nafisatun Mardhiah, 2016. Pengaruh sosialisasi Pengelolaan Sampah Masyarakat terhadap Prilaku Membuang sampah ke Sungai. http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-saintia/article/view/113.

Badrussalam. 2008. membuat Biogas Dari Sampah Organik. Jakarta: Bentara Cipta Prima.

David, A.G. 2008. Engaging Minds :Motivation and learning in America’s School. Lanham Maryland an oxford : A Scarecrow Education Book.

Ezekoye,V.A.,Okeke,C.E.,2006, Design, Contruction, and Peformance Evaluation of Plastik Biodigester and the storage of Biogas, The Pasific Journal of Science an Tachnology, Vol.7 No.22

Fairus,S.,dkk.2011.Pemanfaatan Sampah Organik Secara PaduMenjadi Alternatif Energi: Biogas dan Precursor Briket. Jurnal Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknonogi Nasional, Jl. PHH Mustafa 23 Bandung. hal 6 dan 10.

Hambali E., 2007. Teknologi Bioenergi. Bogor. PT. Agromedia Pustaka.

Pidarta, Made. 2005. perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, R.P., 2011. Rancang Bangun dan Pengujian Alat Produksi Gas Metana dari Sampah Organik dengan Variasi Bahan Sampah basah Kebun, Sampah Kulit Bawang dan Sampah Kering Kebun. Tugas Akhir S1 Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Romadhoni.A.H & Wesen P.2015. Pembuatan Biogas Dari Sampah Pasar. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan Vol.6 No.1 Hal 59.

Serambi News. 2016. https://bandaacehkotamadani.wordpress.com/2012/10/09/tpa-gampong-jawa-banda-aceh/Di Akses 20 April 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.