Miskonsepsi Pembelajaran Fisika pada Konsep Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Kartika Sari

Sari


Penelitian yang berjudul “Miskonsepsi Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gerak Lurus†ini mengangkat masalah apakah siswa kelas X IPA2 di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar mengalami miskonsepsi pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas X IPA2 di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar pada materi Gerak Lurus dan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara cluster random sampling. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 sebanyak 25 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes identifikasi miskonsepsi yang berbentuk tes diagnostik miskonsepsi mengenai Gerak Lurus yang berbentuk tes obyektif beralasan. Dari hasil analisis yang dilakukan pada 16 soal yang diberikan pada 25 siswa terdapat Miskonsepsi (MIS) sebesar 68,7%. Jadi, dapat dikatakan miskonsepsi pada materi gerak lurus pada kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Baitussalam Sangatlah tinggi. Hal ini dapat disebabkan oleh pengertian yang tidak akurat akan konsep, penggunaan konsep yang salah, klasifikasi contoh-contoh yang salah, kekacauan konsep-konsep yang berbeda, dan hubungan hirarkhis konsep-konsep yang tidak benar.
Kata kunci : Miskonsepsi, pembelajaran fisika, gerak lurus


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asma, Nur et.al,2004. Modelpembelajaran untuk menanggulangi Miskonsepsi di

SMU, Jurnal Pembelajaran.

Berg, V.D. (1991).Miskonsepsi Fisikadan Remediasi. Universitas SatyaWacana

Salatiga.

Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar, Jakarta: Penerbit Erlangga

Duit, R. 1991. “Development and Use of Diagnostic Test to Evaluate Students Misconception in Scinceâ€. International Journal on Science, 10 (2).

Halomoan, M. 2008. Analisis Konsepsi Guru Mata Pelajaran Fisika MadrasahAliyah

Terhadap Konsep Gaya Pada Benda Diam dan Bergerak.JurnalPendidikan (Online). (http://sumut.kemenag.go.id/, diakses 22 Januari2013)

Mudjiono dan Dimyati (1993).Strategibelajar mengajar.Depdiknas : Jakarta.

Munawaroh, Wahdatul. 2011. Deskripsi Pemahaman Calon Guru FisikaTerhadap

Konsep-Konsep Fisika Pada Materi Pokok Gerak Lurus DiIAIN Walisong Semarang.Skripsi (Online).Fakultas Tarbiyah InstitutAgama Islam Neger Walisongo Semarang. (http://google.com, diakses tanggal 10 Desember 2014)

Novak, Gowin. 1984. Learning How to Learn, Cambridge, Cambridge Univercity

Press.

Sagala,S . 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Suparno, P .2006. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta :

Penerbit Kanisius.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika.Jakarta:

Grasindo.

Suparno,P .2006. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta :

Penerbit Kanisius.

Supamo, S.J. (1998). Miskonsepsi(KonsepAlternatf) Siswa SMU dalam Bidang Fisika.Yogyakarta : Kanisius.

Winataputra, Udin LS (1994). StrategiBelajarMengajar IPA. Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.