Upaya Meningkatkan Kedisipilinan Kinerja Guru dalam Pembelajaran melalui Penerapan Reward and Punishment di SMA Negeri 1 Jangka

Jamaluddin Jamaluddin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kedisiplinan kinerja guru dalam pembelajaran melalui penerapan reward and punishment di SMA Negeri 1 Jangka Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). PTS merupakan suatu prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan ini ialah pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jangka dari tanggal 01 Agustus 2015 sampai dengan 30 Oktober 2015. Subjek penelitian ini adalah penelitian sendiri sebagai pencari data. Objek dalam penelitian ini adalah 19 orang guru, dimana pada setiap kelas diambil satu orang guru kelas sebagai objek peneltian. Data dikumpulkan dengan teknik observasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan melalui penerapan reward and punishment dapat meningkatkan kedisiplinan guru dalam pembelajaran. Hasil observasi siklus I diperoleh guru rata-rata berkategori C. Sedangkan hasil observasi siklus II diperoleh peningkatan kedisiplinan guru dimana guru mencapai kategori A. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pembinaan dan penerapan reward and punishment dapat meningkatkan kedisiplinan kinerja guru dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Kedisiplinan Guru, Reward and Punishment

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Budiningsih, Asri. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Gie. 2002. Cara Belajar Efisien I. Yogyakarta: PUBIB

Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Indrakusuma, Amir. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya:Usaha Nasional

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Alfabeta.

Nasution. 2008. Landasan Matematika. Jakarta : Bharata Aksara

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugandi, dkk. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK. UNNES

Sahertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta: Rineka Cipta

Suyitno. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Media Utama

Suwandi dan Sajari. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Teuku Dunija, dan Anwar (2016). http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-akademika/article/view/52. Diunduh tanggal 5 Maret 2017.

Wartono, 2008. Stategi belajar mengajar fisika. Malang: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.