Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Tata Surya Melalui Metode Demontrasi

Wahdini Wahdini

Sari


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tata surya. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX-3 SMP Negeri 11 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa seluruhnya 20 orang siswa. MetodeĀ  yang digunakan adalah metode Demonstrasi, agar siswa lebih mudah memahami dan mempraktekkan apa yang diperolehnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus pelaksanaan selama tiga bulan, mulai bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2015. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan butir soal tes dan lembar instrumen aktivitas siswa. Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai tes kedalam daftar nilai beserta hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Dan prosedur penelitiannya meliputi tahapan-tahapannya yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa, dari 65% pada siklus I, meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Kata kunci : Hasil Balajar, IPA, metode Demonstrasi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional (2003). Kurikulum 2004: Kompetensi Standar Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas Republik Indonesia.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdah, B. U. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyanto. (2004). IPA Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Erlangga.

Kemmis, S. and Mc. Taggart, R. (2008). The Action Research Reader. Victoria: Deakin University Prees.

Nasution (2006). http://zukhrufarisma.wordpress.com/2010/11/02/strategi-pembelajaran/

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sukardi, Dewi Ketut (1983). Bimbingan & Penyuluhan Belajar. Surabaya, Usaha Nasional.

Tim Abdi Guru, (2006). IPA Terpadu 3. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.