Pengaruh Latihan Pliometrik antara Box Jump dan Leaps terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Kelas XI Geomatika SMK Negeri 1 Bireun

M Yasin

Sari


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan Pliometrik Box Jump dan Leaps terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI Geomatika SMK N 1 Bireuen tahun 2015, (2) Latihan pliometrik yang lebih baik pengaruhnya diantara latihan Box Jump dan Leaps terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI Geomatika SMK N 1 Bireuen tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain Pre Test-Post Test Group Design. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Sehingga subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh populasi yang ada yaitu seluruh siswa kelas XI Geomatika atletik SMK N 1 Bireuen yang berjumlah 22 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes lompat jauh dari Aip Syarifudin, (1992:104). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji - t atau uji perbedaan dengan taraf signifikasi 5%, dengan uji prasyarat melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dapat diperoleh hal sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan pliometrik Box Jump dan Leaps terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siswa kelas XI Geomatika SMK N 1 Bireuen tahun 2015, (t hitung = 2,140 > t tabel = 2,086). (2) Latihan pliometrik Leaps memiliki pengaruh yang lebih baik dan efektif dari pada latihan Pliometrik Box Jump terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siswa kelas XI Geomatika SMK N 1 Bireuen tahun 2015. Peningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok kelompok I (kelompok yang mendapat perlakuan metode Box Jump) = 4,71% < kelompok II (kelompok yang diberi perlakuan Leaps) = 9,33 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan Pliometrik Box Jump dan leaps terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siswa XI Geomatika SMK N 1 Bireuen tahun 2015, (2) Latihan pliometrik Leaps memiliki pengaruh yang lebih baik dan efektif daripada latihan Pliometrik Box Jump terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siswa kelas XI Geomatika SMK N 1 Bireuen tahun 2015.
Kata Kunci: Lompat Jauh, Box Jump, Leaps

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agus Mukholid. (2004). Pendidikan Jasamani dan Olahraga.Jakarta: Yudistira. Andang Suherman. (2000). Dasar-dasar Penjas. Jakarta: Depdinas.

Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Dengan Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Pra Sekolah Dasar dan Menengah Ketentuan Umum. Jakarta: Depdiknas.

Djoko Pekik Irianto. (2004). Bugar dan Sehat Dengan Olahraga. Yogyakarta : Andi Offset

John D. Tenang. (2008) Mahir Bermain Futsal Dilengkapi Teknik dan Strategi Bermain. Bandung: PT Mizan Pustaka

Muhajir. (2006). Pendidikan Jasmani Teoridan Peraktik 1. Jakarta: Erlangga.

Leon AS, Ed. (1997). Physical Acivity & Cardiovascular Health Champign: Human Kinetic pub: 16 &23

Mochamad Sajoto. (1988). Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Dirjen Dikti P2LPTK. Dekdikbud.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nurhasan, Cholil. (2007). Tes dan pengukuran. Bandung : FPOK UPI Bandung Nurhasan. (2005). Aktivitas Kebugaran. Jakarta. Depdiknas.

Nurul, Zuriah. (2007). Metode Peelitian Sosial dan Pendidikan, Teori-Aplikasi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. (2009). Pengantar Statistika sosial. Bandung: Alfabeta.

Roji. (2006). “Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas VII”. Jakarta: Erlangga.

Sadoso Sumosardjuno. (1989). Pengetahuan Praktis Kesehatan Dalam Berolahraga.

Jakarta: Galamedia.

Sadoso Sumosardjuno. (1992). “Pengetahuan Praktis Kesehatan dan Olahraga”.

Jakarta: Pustaka Kartini.

Sajoto. M. (1995). Pebinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud Sukadiyanto. (2007). Majalah Olahraga. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Sutanti. (2007). Perbedaan Status Kebugaran Jasmani Antara yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket dan Sepak Bola Pada Siswa Putra SMA Islam Agung 1 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. (Skripsi). Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Syamsul Yusuf LN. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.