Pembelajaran Ekspositori pada Tema Bermain di Lingkunganku Kelas II SD Negeri 63 Banda Aceh

Darmiaty Darmiaty

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang membahas Peningkatan Hasil Belajar pada Tema Bermain di Lingkunganku melalui Pembelajaran Ekspositori Kelas II SD Negeri 63 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru kelas II di SDN 63 Banda Aceh pada Tema Bermain di Lingkunganku dengan menggunakan pembelajaran ekspositori dan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan siswa pada Tema Bermain di Lingkunganku. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,8 pada siklus II sebesar 4,2 dan pada siklus III sebesar 4,8.Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,88 pada siklus II sebesar 4,24 dan pada siklus III sebesar 4,82. Aktivitas guru dalam menyampaikan pelajaran telah sesuai dengan rencana yang disusun dan mencerminkan  penggunaan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus. Pada Siklus I siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 65,24, Siklus II, sebesar 70,95 dan siklus III, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 80,48. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa pada Tema Bermain di Lingkunganku

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Ekspositori, Bermain di Lingkunganku


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2005. Kumpulan Peraturan Pemerintah 8 Standar Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

------------. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, S.B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2003. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamzah. 2007. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hariadi. 2005. Strategi Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Renika Cipta.

Harjanto. 2005. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Killen. 2008. Teknik Pembelajaran Berorientasi Aktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana, Sudjana. 2004. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Rostiyah, N.K. 2002. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sukmadinata. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.