UPAYA PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN

Nur Ainun, Almukarramah Almukarramah, Roslina Roslina, Khairul Asri

Abstract


Tujuan umum penelitian adalah untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengolahan data dianalisis dengan statistik kuantitatif. Pengolahan data peneliti menggunakan bantuan SPSS 16.0. Analisis statistik yang dilakukan berupa memberikan skor pretes dan postes, menghitung rataan dan standar deviasi, menguji normalitas dan uji homogenitas data pretes sebagai syarat Uji kesamaan rata-rata, menghitung N-Gain, melakukan uji perbedaan N-Gain, dan melakukan pengujian interaksi antara faktor pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pelaksanaan penelitian dari bulan April s.d November 2018 di SMPN 1 Unggul Sukamakmur dan Kampus Universitas Serambi Mekkah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan keseluruhan siswa, 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan pengelompokkan siswa, dan 3) Terdapat interaksi antara penerapan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, dikarenakan kelompok memberikan hasil yang berbeda terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah.

Keywords


Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Himpunan

Full Text:

PDF

References


• Abdul, H., 2012,Matematika: Hakikat & Logika’. Ar-Ruzz. Yogyakarta.

• Asri, K. (2016), Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Idi Rayeuk’, Serambi Ilmu, 27(September), pp. 312–317. Available at: http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu.

• Husna (2017), Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Program Linier Siswa Di Kelas X Marketing 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2015/2016’, Serambi Ilmu, 29(September), pp. 77–83.

• Tamarli (2017), Penggunaan Media Gambar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2 SMA Negeri Sukamakmur Aceh Besar’,Serambi Ilmu, 28, pp. 33–40.

• Arends, Richard I., 2007,‘Learning to teach’. Penerjemah: Drs. Helly Prajitno. JICA Universitas Pendidikan Indonesia. M.A Bandung.

• Depdiknas, 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

• Anonim, 2013,Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur KurikulumSekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

• Anonim, 2013 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

• Marsigit, 2011. Pengembangan Nilai-nilai Matematika dan Pendidikan Matematika seebagai Pilar Pembangunan Karakter Bangsa. Dipresentasikan pada: Seminar nasional Pengembangan Nilai-nilai dan aplikasi dalam Dunia matematika Sebagai Pilar Pembangunan Karakter Bangsa Sabtu, 8 Oktober 2011 di Universitas Negeri Semarang.

• Anonim, 2000, Principle and Standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.National Council of Teachers of Mathematics (NCTM),

• PISA, 2012, Data Tables, Figures, and Exhibits. Diakses dari http://nces.ed.gov/pubs2014/2014024_tables.pdf, diunduh pada tanggal 16 September 2014 jam 11:34.

• Polya, George, 1998,How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Diakses dari https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf pada tanggal 3 September 2014, Jam 15.42 WIB.

• Reys, Robert., 2012, Helping Children Learn Mathematics 10th Edition. John iley & sons. USA.

• Rusman., 2012, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

• Rusmono, 2012, Strategi Pembelajaran dengan Pbroblem Based Learning itu Perlu. Ghalia Indonesia. Bogor.

• Siswoyo, 2008, Ilmu Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

• Suherman, 2001,Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

• Tamalene, H., 2010,Pembelajaran Matematika Dengan Model CORE Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.Tesis Magister UPI Bandung . Tidak Diterbitkan.

• Wina, S., 2006,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses.Rajawali Pers . Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/si.v30i2.760

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Supported by :