IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI UPAYA PENINGKATANLIFE SKILL SISWA

Jailani Jailani, Abubakar Abubakar, Anwar Anwar

Abstract


Pendekatan Science Technology Society merupakan salah satu pendekatan yang menghubungkan antara pembelajaran sains dengan kemajuan teknologi dan perkembangan masyarakat yang ada di sekitar siswa, siswa dilatih untuk memadukan pemahamannya tentang dunia alam (sains) dengan dunia buatan manusia (teknologi) dan dunia sosial melalui pengalaman siswa sehari-hari.Dengan demikiandiharapkan terjadi peningkatan life skill siswa.penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahuiprestasi belajar dan aktifitas belajar siswadengan menerapkanpendekatan STS pada materi pokoklingkungan hidup di SMP se Aceh Besar, 2) Mengetahui tingkat kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan STSdalam rangka meningkatkan prestasi belajarsiswa, khususnya pada materi pokoklingkungan hidup, 3) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan pendekatan STSpada pembelajaran materi pokok lingkungan hidup. Populasi penelitian ini adalah guru sains dan siswa di SMP se Aceh Besar. Sampel diambil 10 SMP, masing-masing sekolah diambil 2 orang guru dan 10 orang siswa. Instrumen pengumpulan data digunakan lembar observasi, angket, dan wawancara.Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus persentase dan analisis kualitatif secara narasi. Hasil analisis data dan temuan-temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah
sebagai berikut: Implementasi pendekatan STSdapat meningkatkan kualitas aktivitas siswa, dapat meningkatkan hasil belajar siswa,dapat meningkatkan kualitas literasi sains dan teknologi siswa dengan baik. Serta meningkatnya respon siswa dan guru.

Full Text:

PDF

References


Barba, R. 1995. Science in the Multicultural Classroom. Allyn andBacon.Boston.

Binadja, A., 1998. Science in SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Context.Paper Training on Improving Teaching Proficiency of Indonesian Junior & Senior Secondary Science Teachers 16 Pebruary – 10 May 1998. Ministery of Education and Culture The Republic of Indonesia in Coordination with Southest Asia Minister of Education Organisation (SEAMEO) Regional Centre for Education in Science and Mathematics (RECSAM).

Depdiknas. 2003. Pengembangan Pelaksanaan Broad-Based Education, High Based Education,dan life skill di SMU. Depdiknas.Jakarta.

Jailani. 2007. Pengaruh Pendekatan Sains Tecnology Society Terhadap Hasil Belajar dan Aktifitas Belajar Biologi Siswa SMA NegeriTumpang Malang. Jurnal SerambiIlmu, 5(2)pp. 15-22. erliana, H., 2018. ANALISIS PETA MUTU PENDIDIKAN PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI PROVINSI ACEH. JURNAL SERAMBI ILMU, 30(1), pp.61-71.

Jailani, J., 2018. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP USM. JURNAL SERAMBI ILMU, 16(1), pp.34-44.

Joyce, B., Weil, M. & Showers.(2002). Models of Teaching. Prentice HallInternational. London.

Keni Agustina. 2011. Pendekatan Sain Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran IPA di SD Charitas Pondok Labu, (online), diakses dari :http://lib.atmajaya.ac.id.

Mackinnu, A. 2001. Comparison of Learning Outcomes Between Taught Class Whit a STS Aproach and Textbook Orientation. Unpublished Doctoral Dissertation, University of Iowa.

Mardana, Putu. 2001. Implementasi Model Pengajaran Sains dengan Pendekatan Generatif Berorientasi Science Technology Society (STS) Dalam Upaya Meningkatkan kualitas pembelajaran Sains di SMU. Jurnal Pendidikan 0215-8250, 34. Singaraja, 2001.

Rumansyah. 2006.Pendekatan Sains Teknologi Maysarakat (STS) Dalam Pembelajaran Kimia di Kalimantan Selatan. Balitbang, Depdiknas. Jakarta.

SabarNurohman. 2007.Penerapan Pendekatan Science Technology Society (STS) dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Peningkatan Life Skills Siswa , (2007) (online), diakses dari http://shobru.files.wordpress.com/2008/08/life-skills.pdf.

Saragih, R.F., 2016. Pendidikan mengenai lingkungan hidup dalam rangka pembangunan berkelanjutan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/si.v30i2.757

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Supported by :