PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITISMAHASISWA

Ibrahim Ibrahim, Nurul Akmal, Marwan Marwan, Said Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan peningkatan hasil belajar dengan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Biologi Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester tiga Prodi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun
Ajaran 2017/2018terhadap 19 mahasiswa.Analisis data eksperimen untuk mengukur hasil belajar mahasiswa dengan uji-t (Independent Sample t-test) dan keterampilan berpikir kritis menggunakan analisis deskripsi persentase, program statistic software computer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata N-gain untuk kelas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) adalah 60,64 (sedang) dan kelas konvensional adalah 48,72 (sedang). Hasil uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 4,61 dan t tabel 2,009 sehingga t- hitung > t- tabel. Hasil penyebaran angket tentang keterampilan berpikir kritis mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 95% (kategori sangat baik).Maka dapat disimpulkan diperoleh bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatanhasil belajar dan hubungan yang rendah
denganketerampilan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan Zoologi Invertebrata di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.

Keywords


Model pembelajaran, berpikir kritis, Zoologi,Invertebrata.

Full Text:

PDF

References


Abubakar dan Anwar, (2015). Analisis materi pendidikan karakter dalam pembelajaran sosiologi pada SMA di Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 22 (1), pp. 164-173.

Bu, H., & Bu, S. (2012). Study on innovation of teacher training model in basic education from the perspec of “Blended Learning.” International Education Studies, 5(3), 39–43.

Cut Nurul Fahmi dan Eli Nurliza, (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di MTsN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 31 (1) pp. 20-25

Darmuki, Andayani,Nurkamto, Joko& Kundharu, M.. (2016). Needs Analysis Model Student Learning To Speak for Education Study Language and Literature Indonesia. International Journal of Languages’ Education and Teaching ISSN, (2), 2198–4999.

Davies, J. R., & Warfvinge, G. (2003). Basic biology integration – the malmo model. European Journal of Dental Education, 7(2), 94.

Elder, L. & Paul, R. (2009). “Critical Thinking: Why we must transform ourteaching.” Journal of Developmental Education 18 (1):34-35.

Ennis, R.H. (2012). Goals for A Critical Thinking Curriculum, Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: ASCD.

Farid, Shahid; Ahmad, Rodina; Alam, Mujahid. (2015). A Hierarchical Model for E-learning Implementation Challenges using AHP. pp 166-188. Malaysian Journal of Computer Science, 28(3), 166–188.

Fredrikson, M., Jha, S., & Ristenpart, T. (2015). Model Inversion Attacks that Exploit Confidence Information and Basic Countermeasures. In Proceedings of the 22nd ACM SIGSAC Conference on Comp and Commun Security - CCS ’15 (pp.

–1333).

Ibrahim, Jalauddin (2017). Pengembangan Sains dan Teknologi dalam Pembelajaran MIPA. Banda Aceh: Aceh Istitut Learning.

Ibrahim dan Muhiddin, (2017). Peran Habitat air Payau dalam Budi daya Kerapu pada Masyarakat Pesisir. Jurnal Saint dan Sanitasi, 7 (3) 201-213.

Ibrahim, Nurul akmal& Sanusi M (2018)Kearifan lokal terhadap konservasi lahan mangrove di gampong lam ujong Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh besar.Proceding Oneline Biotik UIN Ar-Raniry. (p.p.305-315).

Kuswana. 2012. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kamaludin, H., Kasim, S., Selamat, N., & Hui, B. C. (2012). M learning application for basic computer architecture. In ICIMTR 2012 - 2012 International Conference on Innovation, Management and Technology Research (pp. 546–549).

Larrañaga, M., & Álvarez, A. (2015). Domain model for adaptive blended courses on basic programming. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics) (Vol. 9112, pp. 714–717).

Mairing, J. P. (2016). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasar Tingkat Akreditasi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 179–192.

Masamah, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Sma Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Penelitian Pendidikan Matematika, 1, 1–18.

Maulana, M., & Kurnia, D. (2016). Perbandingan pengaruh pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari keterbukaan dan kekontekstualan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Pena Ilmiah, 1(1), 591–600.

Maysara. (2016). The effectiveness of problem based learning ( PBL) model on students ’ learning outcomes. International Journal of Education and Research, 4(7), 493–504.

Nurlena Andalia, Agnes Agnes, dan M. Ridhwan (2017). Hubungan antara pengetahuan dengan persepsi siswa terhadap penularan penyakit AIDS. Jurnal Serambi Ilmu, 28 (1) 160-168.

Razali dan Ibrahim, (2017). Pelaksanaan pembelajaran bahasa Aceh di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 29 (2) 125-132.

Setiawan Djoni. (2016). Profil Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Jawa Timur Mata Pelajaran IPA. In Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016 “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi” (pp. 560–565).

Sofyan, D. (2018). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 17–28.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa, 8(3), 11–21.

Suyitno, I. (2017). Reconstruction of Basic Knowledge on Learning Bipa. IJRDO-Journal of Educational Research, (2), 217–230.

Wu, Y.-W., Weng, K.-H., & Young, L.-M. (2016). A Concept Transformation Learning Model for Architectural Design Learning Process. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(5), 1189–1197.

Wulandari. (2011). PengaruhProblem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tekno Pedagogi. 2 (3). 46-48.

Yang, C., & Wilensky, U. (2018). Net Logo epidemi Basic model. Center for Connected Learning and ComputerBased Modeling Northwestern University Evanston IL, Evanston, 2008 International Conference on Computer Science and Software Eginering.pp,301-312.

Young, M. (2018). Basic Capabilities, Basic Learning Outcomes and Thresholds of Learning. Journal of Human Development and Capabilities, 10(2), 259–277.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfebet.

Utomo, T. dkk. 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Edukasi UNEJ 2014, I (1): 5-9.

White, T.K., dkk. 2009. The Use of Interupted Case Studies to Enhance Critical Thinking Skills in Biology. Journal of MicroBiology and Biology Education, 10, pp.25-31.

WS. Winkel. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/si.v30i2.756

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Supported by :