PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR

Cut Nurul Fahmi, Eli Nurliza, Murniati AR, Nasir Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh imformasi dan data pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi guru. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan program supervisi akademik dirumuskan dengan melibatkan Dinas Pendidikan serta para pengawas dengan cara menganalisis program yang telah lalu. Sasaran utama kegiatan supervisi akademik para pengawas sekolah adalah pengembangan kemampuan guru dalam aspek pembelajaran; (2) Teknik supervisi yang di laksanakan pengawas adalah dengan kunjungan kelas, diskusi kelompok, pembicaraan individul, semua teknik yang di gunakan masih bersifat umum; (3) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi akademik adalah memberi motivasi agar guru memiliki dorongan dan kemauan dalam melaksanakan pembelajaran dan melatih berbagai metode mengajar. faktor penghambat adalah alokasi waktu yang kurang dalam pelaksanaan supervisi akademik karena banyak sekolah yang harus di bina sehingga semua guru tidak bisa mendapat pembinaan maksimal dari pengawas, seorang pengawas membina sampai dengan 10 sekolah.

Keywords


Supervisi akademik dan kompetensi guru

Full Text:

PDF

References


Abusmar, Harun, C. Z., & Usman, N. (2013). Pelaksanaan Supervisi Akedemik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada Smp Negeri 1 Simeulue Timur Kabupaten Simeulue. Jurnal Serambi Ilmu, 16(1), 1–7.

 Asyhari, M. 2010 Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jepara. Masters thesis, IAIN Walisongo.

 Bahri, S. (2014). supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Jurnal Visipena, V(1), 100–112.

 Daryanto, M. 2010. Administrasi pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.

 Djailani AR (2014) Supervisi Pendidikan : Petunjuk Praktis bagi Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Alfabeta: Bandung

 Makmurrizal, C.Z.H. and Ibrahim, S., 2016. Pelaksanaan Supervisi Oleh Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Rofesionalisme Guru Pada Sma Negeri 2 Bandar Baru Pidie Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana

Unsyiah, 4(3).

 Masaong, Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

 Sahertian, A. Piet. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

 Slameto. (2016). Supervisi pendidikan oleh pengawas sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–206.

 Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta:Bandung.

 Sudjana, Nana. 2010. Supervisi Akademik Membina Profesionalisme Guru Melalui Supervisi. Jakarta: LPP Binamitra.

 Yudha M. Saputra. 2011. Supervisi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. jurnal Ilmu pendidikan.

 Zakiyah, A.Z.A., 2018. Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 16(1), pp.8-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/si.v30i2.755

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Supported by :