PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KEPALA SEKSI PENDIDIKAN

Siti Aisyah, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Fenomena rendahnya mutu lembaga pendidikan harus dijadikan perhatian para manajer lembaga pendidikan, baik dan tingkat manajemen puncak (pejabat pemerintah di bidang pendidikan) maupun oleh para pengelola langsung lembaga pendidikan agar upaya-upaya meraih mutu pendidikan dapat dicapai secara optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sub-sub pengembangan mutu (input, proses, dan output) terhadap mutu pendidikan dan kinerja Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial. Jumlah sampel yang digunakan adalah 219 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan (kuesioner) kepada responden dan penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sub pengembangan mutu input tidak berpengaruh terhadap mutu pendidikan yang artinya sumber daya (manusia dan kelengkapannya) tidak berpengaruh bagi mutu pendidikan pada penelitian ini. Sub pengembangan mutu proses dan output berpengaruh terhadap mutu pendidikan yang artinya proses yang berlangsung dan hasilnya mempunyai pengaruh bagi mutu pendidikan pada penelitian ini, serta sub-sub pengembangan mutu (input, proses, dan output secara keseluruhan) berpengaruh terhadap kinerja Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Tengah dan mutu pendidikan berpengaruh terhadap kinerja Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Tengah.

Keywords


Mutu pendidikan, kinerja, kepala seksi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Herliana, H., 2018. Analisis Peta Mutu Pendidikan Pada Jenjang Sekolah Menengah

Kejuruan (SMK) di Provinsi Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 30(1), pp.61-71.

 Depdiknas (2008) .Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu

Pendidik dan Tenaga Pendidikan,

 Khairuddin, K., 2018. Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah Dalam

Peningkatan Akreditasi Madrasah Aliyah. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1), pp.67-78.

 Marzuki, M., 2018. Pengambilan Keputusan Sekolah Melalui Manajemen Strategik

Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1), pp.62-66.

Gunawan Sudarmanto (20050, Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS,

Yogyakarta: Graha Ilmu

 Lena, M.L.M., 2018. Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Guru Terhadap

Komitmen Kerja Guru Sma. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1), pp.104-110.

 Anonim, (2016) http://www.kompasiana.com, Paradigma Input dan Output

Pendidikan, diakses tangal 10 Desember.

 John W. Creswell (2017) Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif,

Kuantitatif dan Campuran), Cet. II, Edisi Keempat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 Komariah, Aan dan Cepi Triatna (2005), Visionari Leadership Menuju Sekolah

Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

 Mangkunegara, Anwar Prabu (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

 Partanto, Pius A. dan M. Dahlan (1994), Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola.

 Rivai, Veithzal (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Edisi

Pertama, Cetakan Kedua, Jakarta: Raja Garfindo Persada.

 Rohiat (2010), Manajemen Sekolah Teori Dasar Dan Praktik, Bandung: PT. Refika

Aditama.

 Simamora (2004), Henry, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: SIE

YKPN

 Sudarmanto, Gunawan (2005) Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS,

Yogyakarta: Graha Ilmu.

 Usman, Husaini (2008), Manajemen Teori Praktik & Riset Pendidikan, Jakarta:

Bumi Aksara.

 Ahkyar, A., 2018. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan

Kewarganegaraan Dalam Penanaman Nilai Karakter Bangsa Di Kabupaten Aceh

Besar. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), pp.174-179.

 Abubakar, A. and Anwar, A., 2018. Analisis Materi Pendidikan Berkarakter Dalam

Pembelajaran Sosiologi Pada Sma Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1),

pp.164-173.

 Fahmi, C.N.F.C.N., 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala

Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), pp.65-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/si.v30i2.753

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Supported by :