PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI HAK AZASI MANUSIA KELAS XI-2 SMA NEGERI SUKAMAKMUR ACEH BESAR

Tamarli Tamarli

Abstract


Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn materi Hak Azasi Munusia siswa  kelas IX-2 SMA Negeri Sukamakmur Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 SMA Negeri Sukamakmur Aceh Besar yang berjumlah 26 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian yang dilaksanakan terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Proses penelitian terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data yang diambil antara lain kemampuan berpikir kritis siswa melalui tes, dan melalui teknik non tes yaitu mengamati aktivitas  siswa melalui lembar observasi lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Hal ini terbukti dari hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa yang menunjukkan adanya peningkatan dari 57,12% pada siklus I menjadi 76,35% pada siklus II. Dan data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang juga menunjukkan adanya peningkatan yaitu siklus I skor rata-ratanya sebesar 296 dengan kategori tingkat kekritisan rendah, pada siklus II menjadi 355 dengan kategori tingkat kekritisan tinggi. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Full Text:

Untitled


View My Stats