PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 3 UNGGUL INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Marta Hadi, Khairul Aswadi, Eka Marlina

Abstract


Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation merupakan salah satu model yang diterapkan guru untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif ini lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam mencari sendiri materi-materi pelajaran, baik melalui buku ajar maupun sumber lain. Peran guru dalam model ini adalah sebagai fasilitator di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan materi konektivitas antar ruang dan waktu di SMP Negeri 3 Unggul Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Dari populasi 5 kelas, hanya dua kelas yang ditetapkan sebagai sampel, yaitu 36 orang siswa kelas VII-5 (kelas eksperimen) dan 36 orang siswa kelas VII-4 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Pengolahan data menggunakan teknik Classical Experimental Design dengan rumus statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Unggul Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar pada materi konektivitas antar ruang dan waktu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.