Penggunaan Teknologi Audio Visual pada Pembelajaran IPS Ekonomi di MTsS Mutaallimin Aceh Besar

Anwar Anwar, Muzakkir Muzakkir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi audio visual pada pembelajaran IPS Ekonomi terhadap prestasi belajar siswa di MTsS Muta’allimin Blang Bintang Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 340 siswa. Sampel penelitian ditetapkan 20 orang untuk kelas eksperimen (VIIIA) dan 20 orang umtuk kelas kontrol (VIIIB). Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yaitu berupa multi choise sebanyak 10 soal. Data diolah dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan teknologi audio visual lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan teknologi audio visual (thitung > ttabel atau 8,65 > 1,68). Dengan demikian hipotesis yang diajukan “penggunaan teknologi audio visual pada pembelajaran IPS Ekonomi dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di MTsS Muta’allimin Blang Bintang Aceh Besar” diterima.

Kata kunci : Teknologi audio visual, prestasi belajar


References


DAFTAR PUSTAKA

Muhaimin, dkk. (2002). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sa’ud, Udin Saefudin. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sadirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sadirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Saiful, Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Rineca cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan ke-4. Jakarta. Rineka Cipta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.

Sulaiman, A.H. (2008). Media Audio Visual. Gramedia. Jakarta.

Wasty, Soemanto. (1990). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Malang. Renika Cipta.

Wayan, Nurkancana, dkk. (1982). Evaluasi Pendidikan.Surabaya. Usaha Nasional.

Winkel, W.S. (1989). Psikologi Pengajaran. Jakarta. PT. Gramedia.

Witono, Budi Utamo. (2008). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audiovisual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas vii sekolah menengah pertama negeri di kecamatan kota kudus, Tesis. Surakarta. Univ. Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :