PENGEMBANGAN PORTOFOLIO ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN MATAKULIAH GEOMETRI RUANG DI PGSD FKIP UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Burhanuddin AG

Abstract


Konsep Geometri Ruang masih dianggap sangat sulit untuk dipahami dalam matakuliah Geometri di PGSD. Permasalahan ini terjadi, karena adanya anggapan geometri ruang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dan sulitnya penyesuaian mahasiswa dengan pembelajaran yang ada di Perguruan Tinggi. Selain itu, penilaian dosen juga dianggap lebih menitikberatkan pada aspek kognitif. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan penilaian yang dapat mencakup secara keseluruhan aspek yaitu: aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan emosional. Target khusus dalam penelitian ini adalah: (1) dapat menghasilkan instrument portofolio assessment pada pembelajaran geometri ruang yang dilengkapi silabus dan kontrak perkuliahan, (2) buku panduan mahasiswa, (3) lembar kerja mahasiswa, (4) buku pegangan guru SD pada pembelajaran geometri SD, (5) jurnal nasional, (6) jurnal internasional, (7) workshop guru SD se Aceh Besar, dan (8) buku authentic assessment mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan sampel mahasiswa PGSD FKIP Universitas Serambi Mekkah. Diharapkan setelah penelitian ini selesai mereka dapat menerapkan langsung ilmunya untuk murid di SD dalam mempelajari geometri. Pengembangan penelitian ini dilaksanakan dalam 5 (lima) tahapan pengembangan Plomp yang dimodifikasi dengan tahapan pengambangan material oleh Nieveen pada 3 aspek kualitas, yaitu: aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan (metode). Sehingga diharapkan mendapatkan keseluruhan aspek penilaian pada geometri.

Kata Kunci: Portofolio, Assessment, Geometri Ruang, PGSD




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :