PERBANDINGAN PEMBELAJARAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN BERHITUNG MENTAL DAN TANPA BERHITUNG MENTAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PEUSANGAN

Marzuki Marzuki

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan dengan teknik berhitung mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttes Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Peusangan yang dipilih secara random. Berdasarkan temuan penelitian prestasi siswa yang belajar dengan pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan berhitung mental lebih baik dari pada prestasi siswa yang belajar dengan pembelajaran tanpa berhitung mental.




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :