PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYEUK PRET DI KOTA BANDA ACEH

Rahmi Rahmi, Nelly Nelly

Abstract


Bauran pemasaran yang efektif menjadi basis strategi perusahaan dalam melaksanakan program
pemasaran yang dikendalikan dan digunakan perusahaan untuk mencapai target penjualan dalam
pasar sasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap
keputusan pembelian Minyeuk Pret di Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen yang ada di Kota Banda Aceh, adapun sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap
pengambilan keputusan pembelian Minyeuk Pret di Kota Banda Aceh, hal ini dibuktikan bahwa
produk, harga, distribusi dan promosi merupakan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan
pembelian sebesar 78,5% dan sisanya yaitu sebesar 21,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari
pada penelitian ini, misalnya pelayanan, citra merek, perilaku konsumen dan lain-lain. Nilai koefisien
korelasi (R) menunjukkan bahwa hubungan (korelasi) antara variabel bebas dengan variabel terikat
sebesar 0,886 atau 88,6%, artinya pengambilan keputusan pembelian Minyeuk Pret di Kota Banda
Aceh mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif dengan produk, harga, distribusi dan
promosi. Hasil pengujian uji F bahwa produk, harga, distribusi dan promosi secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian Minyeuk Pret di Kota Banda
Aceh, dengan nilai F
hitung
>F
tabel
(83,224>2,473). Sedangkan secara parsial produk, harga, distribusi
dan promosi berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian Minyeuk Pret di
Kota Banda Aceh, dengan nilai t
hitung
>t
tabel
(2,403, 4,926, 3,242 dan 6,062>1,985). Berdasarkan hasil
analisis regresi linier berganda bahwa dari keempat variabel yang diteliti, ternyata variabel promosi
(X
4
) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian Minyeuk Pret
di Kota Banda Aceh, dengan nilai koefisien sebesar 0,799, kemudian diikuti oleh variabel harga (X
2
)
dengan nilai koefisien sebesar 0,394, selanjutnya diikuti oleh variabel distribusi (X
3
) dengan nilai
koefisien sebesar 0,173 dan diikuti oleh variabel produk (X
1
) dengan nilai koefisien sebesar 0,143.


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran.CV Intermedia : Jakarta

----------. (2009). Manajemen Pemasaran.Jilid I dan II. Edisi Milenium Prehallindo.

Jakarta. Kotler, Philip dan Amstrong, Gary.(2009).Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I Edisi Kedelapan.Erlangga. Jakarta.

Lamb, Hair dan McDaniel.(2001).Pemasaran.Buku 1. Salemba Empat :Jakarta.

Mowen, John C. (2002). Perilaku Konsumen.Jilid 1. Edisi Kelima. Erlangga :Jakarta.

Machfoedz, Mahmud. (2007). Pengantar BisnisModern.Edisi 1. PT ANDI.

Yogyakarta.

Putri, Berlian Aminanti Suraya. (2012).Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko DANNIS Collection Pati.Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Payne, Adrian. (2009). The Essence Of Service Marketing Pemasaran Jasa. Alih bahasa: Fandy Tjiptono. Yogyakarta:

Andi.

Swastha DH, Basu. (2002). Azas-Azas Marketing.Edisi 3.Liberty :

Yogyakarta.

Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Bisnis.Alfabeta : Bandung.

Suliyanto.(2006). Metode Riset Bisnis.Yogyakarta

Suharsimi, Arikunto.(2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. PT. Rineka Cipa.Jakarta.

Sumarwan, Ujang. (2007). Perilaku Konsumen.Cetakan Kedua. Ghalia

Indonesia.Bogor Selatan.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran.Edisi 2. Andy Offset :

Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.