KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU IPA

Juli Firmansyah, Dian Aswita

Abstract


Guru memiliki peran yang strategis dalam bidang pendidikan, yaitu sebagai ujung tombak dalam
upaya peningkatan kualitas dan mutu pendidikan.Pentingnya peran guru dalam meningkatan
kualitas pendidikan merupakan faktor yang menentukan keberhasilan pembangunan bangsa. Guru
dituntut untuk dapat memiliki kompetensi-kompetensi yang dapat menjadikan mereka sebagai guru
yang profesional. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan gambaran
secara mendalam tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru IPA yang profesional.
Dari hasil kajian diketahui bahwa seorang guru yang efektif adalah guru yang terus menerus
dalam proses belajar seumur hidupnya.Kualitas dari seorang guru yang efektif diantaranya yaitu a
calling for the program, professional knowledge, personal qualities, instructional effectiveness,
good communicator, bersedia bekerja ekstra, danbelajar seumur hidup.Kompetensi profesional
pada guru IPA sangat terkait dengan keempat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.Pengetahuan yang dimiliki oleh
seorang guru tentu merupakan komponen profesionalisme guru, namun kompetensi profesional
melibatkan lebih dari sekedar pengetahuan. Skills, attitudes, dan motivasi juga berkontribusi
terhadap penguasaan pengajaran dan pembelajaran.Berbagai upaya untuk untuk meningkatkan
profesionalisme guru telah banyak dilakukan, salah satunya adalah melalui sertifikasi guru.Tujuan
sertifikasi guru adalah untuk meningkat kualitas guru (kompetensi), mengangkat harkat dan
martabat guru sehingga guru lebih dihargai dan juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

 


References


Ansari, U., and Malik, S. K. 2013. Image of an Effective Teacher in 21

st Century Classroom. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, November 2013, Volume: 3 Issue: 4 Article: 08 ISSN: 2146-7463.

Blömeke, S. & Delaney, S. 2012. Assessment of Teacher Knowledge Across Countries: A Review of the State of Research. ZDM Mathematics

Education.

Borang, D. S. 2012. Upaya Peningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

Guru SMK di Era Sertifikasi. Prosiding, Seminar Internasional,

ISSN 1907-2066, hal 245-250, Peran LPTK Dalam Pengembangan

Pendidikan Vokasi di Indonesia.

Celik, S. 2011. Characteristics and Competencies for Teacher Educators:

Addressing the Need for Improved Professional Standards in Turkey.

Australian Journal of Teacher Education, 36 (4), DOI:

http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2011v 36n4.3.

Gurney, P. 2007. Five Factors for Effective Teaching. New Zealand Journal of Teachers’ Work, Volume 4, Issue 2, 89-98, 2007.

Mbise, A. S. 2008. Early Childhood Service Delivery Mapping and Baseline

Study in Bagamoyo, Hai, Magu and

Mtwara: Summary of findings and recommendations. Dar es Salaam:

Ministry of Education and Vocational Training, Tanzania.

Murdadi, I., S., dan Sulistari, E. 2015. Dampak Sertifikasi Guru dalam

Peningkatan KompetensiProfesional di Kalangan Guru SMK Pelita

Salatiga.Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015.

Ngainun, N. 2009. Menjadi Guru Inspiratif: Membudayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentangSertifikasi Guru Dalam Jabatan. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.