MENGEMBANGKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING

Rifaatul Mahmuzah, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Pembelajaran matematika tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif
matematis, tetapi juga untuk mengembangkan ranah afektif. Salah satu aspek penting dalam ranah
afektif yang sangat berpengaruh dan ikut menentukan keberhasilan dalam belajar matematika
adalah pandangan positif siswa terhadap matematika atau dalam pembelajaran matematika
disebut dengan disposisi matematis. Seorang siswa yang memiliki disposisi tinggi akan lebih gigih
dan ulet dalam menghadapi masalah matematika yang lebih menantang dan akan lebih
bertanggung jawab terhadap belajar mereka sendiri serta selalu mengembangkan kebiasaan baik
di matematika. Pendekatan problem posing yang dalam proses pembelajarannya mengharuskan
siswa untuk mengajukan soal serta membuat penyelesaiannya diduga akan dapat mengubah
pandangan siswa terhadap matematika menjadi lebih positif, disamping juga meningkatkan
kemampuan matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan tingkatan
disposisi matematis siswa SMP sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran melalui
pendekatan problem posing. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen dengan desain one
group pre-test post-test design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMPIT Al-Azhar Banda Aceh, dengan sampel penelitian siswa kelas VII
2
yang dipilih melalui
teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa
lembar angket skala disposisi matematis. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data
perbedaan disposisi matematis siswa SMP sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran
melalui pendekatan problem posing adalah uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkatan disposisi matematis siswa SMP sebelum dan
sesudah memperoleh pembelajaran melalui pendekatan problem posing. Artinya disposisi
matematis siswa menjadi lebih baik setelah mereka memperoleh pembelajaran dengan pendekatan
problem posing.


Full Text:

PDF

References


Matematika FMIPA UNY, 17 April 2010. MKBPM. (2001). Srategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:

JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

NCTM, (2003). Principles and Standarts for School mathematics. Diakses pada tanggal 8 Desember 2012 dari http://www.ncate.org.

Silver, E.A. (1994). On Mathematical Problem Posing, For the Learning of

Mathematics, 14(1), 19-28. Diakses pada tanggal 23 Desember 2013 dari

www.jstor.org

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Diakses pada tanggal

Oktober 2015 dari http://math.sps.upi.edu/?p=58

Syaban, M. (2009). Menumbuh kembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Matematis Siswa. EDUCATIONIST, III (2), 129-136

Uyanto. Stanislaus S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wardani, S. (2009). Meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan

disposisi matematik siswa SMA melalui pembelajaran dengan

pendekatan model Sylver. Disertasi doktor, tidak diterbitkan. Sekolah

Pascasarjana Universitas Pendidikan

Indonesia: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.