PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 50 BANDA ACEH

Rahmani Rahmani, Maulidar Maulidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan pendekatan saintifik di
kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik di kelas V SD Negeri 50 lebih baik dari hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Ttrue-Exsperimental. Desain penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah
control group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Negeri 50 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 130 siswa yang terdiri dari V
SEMINAR NASIONAL KEMARITIMAN ACEH (UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH, 24 AGUSTUS 2017)
A,
V
B,
V
C
dan V
D
. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Saat
pengundian sampel tulisan kelas V
D
muncul pertama kali saat pengundian maka dijadikan kelompok
eksperimen, sedangkan kelas V
A
muncul yang kedua sehingga dijadikan sebagai kelas kontrol. Pada
awal pembelajaran diberi pretest dan akhir pembelajaran diberi posttes dengan menggunakan
instrumen yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes,
teknik pengolahan data menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas
data diperoleh bahwa data keduanya normal dan homogen. Dari hasil perhitungan hasil belajar
diperoleht
hitung
= 1,97 sedangkan nilai t
tabel
= 1,67. Oleh karena t
hitung
> t
tabel
maka H
o
ditolak dan terima
H
a
. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik di
kelas V SD Negeri 50 lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan
ekspositori.


Full Text:

PDF

References


Pendidikan Matematika Tadulako,1(2): 170-181. Hake, R.R .1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A

Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for

Introductory Physics Courses. Am. J. Phys. 1(66): 64-74.

Kemendikbud. 2013. DraftKurikulum 2013.Jakarta: Kemendikbud.

.2013.PeraturanMenteriPendidika ndanKebudayaanNomor65 tahun

tentangStandarProsesPendid ikanDasardan Menengah. Jakarta:

Kemendikbud.

Majid, A. 2014.Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Permendiknas Nomor22Tahun 2006.Standar

Isi.Jakarta: Depdiknas.

Rustaman, N. Y. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Sanjaya,

W.2010.PerencanaandanDesainSi stemPembelajaran.Jakarta:

KencanaPrenadaMediaGroup.

Sudjana, N. 2009.Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2001. Metode Statistik. Bandung:Tarsito.

Sujarwanta, A. 2012.Mengkondisikan PembelajaranIPA dengan Pendekatan Saintifik.JurnalNuansa Kependidikan 16(1):140-154.

Sagala, Syaiful.2010. Konsepdan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.