PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESETA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR FLEKSIBEL PADA MATERI FISIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Nurul Fajri Saminan, Mahyana Mahyana

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk
meningkatkan keterampilan berpikir Fleksibel ditinjau dari perbedaan gender.Penelitian dilakukan di
SMAN 11 Banda Aceh.Berfikir Fleksibel adalah ketermapilan menghasilkan jawaban atau gagasan
yang bervariasi dan dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda. LKPD
adalah lembaran berisi tugas yang biasanya berupa petunjuk dan langkah-langkah untuk
menyelesaikan sutu tugas. Kedua kelas yaitu kelas laki-laki dan perempuan menggunakan metode
penggunaan LKPD.Metode yang digunakan adalah one-group pretest posttest design.Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik tes uraian yaitu untuk mengukur keterampilan berpikir Fleksibel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kelompok peserta didik laki-laki dan
perempuan terhadap keterampilan berpikir Fleksibel dengan penggunaan LKPD pada materi teori
kinetik gas dengan nilai signifikansi 0,05 dan Fhitung (1,85) < Ftabel (1,93). Peningkatan
ketrampilan berpikir Fleksibel memiliki rata-rata kelas kelas sebesar 89,14 dengan N-Gain bernilai
84,43% berkategori tinggi. Rata - rata keterampilan berpikir Fleksibel kelas laki-laki meningkat
sebesar 85 dengan N-Gain 78,82% berkategori tinggi. Teramati bahwa penggunaan LKPD untuk
meningaktkan berpikir Fleksibel lebih baik diterapkan pada kelas perempuan.

 


References


Selectivity Interpretation. InCognitive And Affective Responses

To Advertising. Penerbit: Cafferata dan M.Tybout.

Mosse, J.C. 2007.Gender Dan Pembangunan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Munandar, S. C. U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Naglieri, J. A., dan Rojahn. 2001. “Gender Differences in Planning, Attention, Simultaneous, and Successive (PASS) Cognitive Processes and

Achievement”. Journal of Educational Psychology.Vol. 93.No.

430-437.

Narwoko, D dan Yuryanto B. 2004.Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Nursalam. 2013. Konsep penerapan metode penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Olson, R. W. 1996. Seni Berpikir Kreatif.

Sebuah Pedoman Praktis (Terjemahan Alfonsus Samosir).

Jakarta: Penerbit Erlangga.Nurkencana.

Panjaitan, B., 2012. Profil Proses Kognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Dan

Gender.Disertasi.Universitas Negeri Surabaya.

Purnamaningrum, A. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif

Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi

Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran2011/2012. 4(3): 39-51.

Siswono, T.Y.E. 2011.Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research

and Review, (Online), Volume 6, No. 7, (http://eric.ed.gov/., diakses

Februari 2016).

Subarinah,S. 2013. Profir Berfikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematika Ditinjau

Dari Perbedaan Gender.Makalah disajikan dalam Seminar Nasional

Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogtakarta, 24 Februari 2016.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian

Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistiana. 2013. Pengaruh Gender, Gaya Belajar, Dan Reinforcement Guru TerhadapPrestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri

Sekabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Volume

, No. 2,(http://download.portalgaruda.org/article., diakses tanggal 28 Februari

.

Suyatna, A. 2013.“Desain Pembelajaran Fisika dengan Scientific Approach Menggunakan Kurikulum 2013”.Makalah Seminar Pendidikan. Bandar Lampung: UniversitasLampung.

Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:

Konsep, Landasan, danImplementasi Pada Kurikulim Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Zheng, Z. 2007. Gender Differences In Mathematical Problem Solving Patterns: A Review Of Literature.International Education Journal. 8(2): 187-203.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.