PENINGKATAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING

Muhammad Usman

Abstract


Studi ini didasari oleh adanya kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan berbicara pada
siswa sekolah dasar. Fenomena yang terjadi bahwa pembelajaran berbicara belum mendapat
perhatian serius dari guru. Di samping itu, keterampilan berbicara menjadi suatu tuntutan
kurikulum Bahasa Indonesia. Pada prinsinya bahasa Indonesia adalah belajar berkomunikasi.
Maka, dalam konteks inilah peneliti merancang sebuah penelitian tentang model pembelajaran
siswa aktif (student active learning) yang bertujuan untuk menguji keefektifan model PSA dalam
meningkatkan kemampuan berbicara siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan model Pembelajaran Siswa Aktif yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara
siswa dan dapat mendeskripsikan implementasinya khususnya disekolah dasar. Rancangan
Penelitian ini termasuk penelitian Kuasi-Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah
Nonequivalent Control Group Design (desain kelompok kontrol non-ekuivalen). Subjek penelitian
adalah siswa kelas V Sekolah Dasar SDN 16 kota Banda Aceh dengan sampel 60 orang mencakup
30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes,
pengamatan, dan wawancara. Analisis data pengamatan dan wawancara menggunakan teknik
deskriptif analisis, sedangkan analisis data tes menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji t.


Full Text:

PDF

References


Abermathy,Rob dan Mark Reandon. 2004.25 Kiat Dasyad MenjadiPembicara Hebad: BandungMizan Pustaka.

Bechman, E. 2005. Metode Belajar BerpikiKritis dan Inovatif. JakartPrestasi Pustaka. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar

dan Menengah. 2005. Contoh Bahan Ajar untuk Kelas Awal

Sekolah Dasar.Jakarta:Kerjasama antaraPemerintah Indonesia, UNESCO, UNICEF, NZAID,dan AUSAID. Ellis, Andrew and Geoffrey

Beattie.1986. The Psychology Language and Communication. New York:

The Guifford Press. Gestwicky C. 2007. Development Appropriate Practice: Curiculum and Development in Early Childhood Education,

USA: Thomson Delmar Learning.

Hughes,Arthur.1992.Testing for Language Teacher. Melbourne

Sydney:Cambridge University Press

Hurlock, E. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Iskandarwasid, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Bandung. Remaja Rosdakarya.

Kartono, Kartini,2007. Psikologi Anak(Psikologi Perkembangan).

Bandung: Mandar Maju.

Logan, L dkk. 1972. Creative Communication Teaching in

Language.Art. Toronto. Mc Graw Hill Ryrson Limited.

Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning. Boston. International Thomson Publishing Company.

Richard, J. C., 2001 Approaches and methods in language teaching. 2nd edition. Combridge University Press Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan . Bandung. Alfabeta, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.