PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMR)

Muhamad Saleh, Muhammad Isa

Abstract


Materi matematika sekolah didominasi oleh materi yang bersifat abstrak. Materi yang bersifat abstrak
tersebut lebih mudah dipahami oleh siswa jika kegiatan belajar yang mereka lakukan, “dihadapkan”
dengan hal yang konkret (dunia yang sudah mereka kenal sebelumnya). Penerapan model
pembelajaran kooperatif melalui pendekatan PMR, diharapkan dapat membantu siswa memahami
konsep matematika tersebut, yaitu memahami makna dan maksud dari apa yang dia kerjakan. Tidak
sedikit siswa yang mampu menyelesaikan masalah matematika sekolah, namun mereka tidak
memahami apa yang dia hasilkan dan yang dia kerjakan. Lebih lanjut siswa akan memiliki
kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan matematika dan prosedur penyelesaian
matematika. Selanjutnya kegiatan belajar siswa melalui kerja kelompok akan menanamkan serta
membentuk karakter yang menghargai pendapat orang lain. Pada akhirnya, melalui pembelajaran
kooperatif dengan pendekatan PMR diharapkan siswa: 1) mampu memahami makna apa yang mereka
lakukan; 2) menghargai pendapat orang lain; 3) bertanggung jawab; 4) memiliki kemampuan
matematika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan; 5) dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa.


References


Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Matematika,Jakarta.

Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht:Freudenthal Institute.

Hudojo. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika & Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya,University Pres, Surabaya.

Johnson, D.W & Johnson, R.T. 1991. Learning

Together and Alone, Coopertive, Competitive, and Individualistic Leraning. (Third Edition). Boston: Allyn and Bacon.

Marpaung 2001. Prospek RME Untuk Pembelajaran Matematika di Indonesia. Makalah disajikan dalam seminar

Nasional Realistic Mathematics EducationUniv Negeri Surabaya di

Jurusan Matematika FMIPA UNESA, Surabaya 24 Feb 2001.

Marpaung, Y.2002. Pendidikan Matematika Realistik di Indonesai. Perubahan Paradigma Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Dalam Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VIII, Edisi Khusus, Juli 2002. Proseding Konfrensi Nasional Matematika XI

Bagian I, UM 22-25 Juli 2002.

Muhamad Saleh. 2003. Pembelajaran Materi Peluang Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tesis tidak

diterbitkan, Malang Program PascaSarjana Universitas Negeri Malang.

Novak, J.D, Gowin, D.B. 1985. Learning How to Learn. New York: Glenco Mc Millan/MCc Graw Hill.

Slavin, E.R.1995.Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (Second Editiion). Massachusetts. Allyn and Bacon.

Soedjadi. 2001. Pemanfaatan Realitas dan Dalam Pembelajaran

Matematika. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional “Realistic Mathematics Education (RME). Surabaya: Jurusan Matematika FMIPA UNESA. 24 Februari 2001.

Suharta. 2001. Pembelajaran Pecahan Dalam Matematika Realistik. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional “Realistic Mathematics Education (RME). Surabaya: Jurusan Matematika FMIPA UNESA. 24

Februari 2001.

Suparno P. 1997. Filsafat Konstruktifisme Dalam Pendidikan. Kanisisus,

Yogyakarta.

Sutawidjaja, A. 2001. Pendidikan Matematika Realistik. Makalah Disajikan pada stadium general. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN

Syarif Hidayatullah, Jakarta. 27 Oktober 2001.

Treffers. 1991. Didactical Background Of amathematics program for primary education, dalam L.Streefland (Ed), Realistic Mathematics Education in Primary School (hal 21). Utrecht University, The Netherlands.

Yuwono, I. 2001. RME (Realistic Mathematics Education) dan Hasil Studi Awal Implementasinya di SLTP. Makalah disajikan dalam seminar Nasional Realistic Mathematics Education Univ Negeri Surabaya di Jurusan Matematika FMIPA UNESA, Surabaya 24 Feb 2001.

Zulkardi. 2002. Pendidikan Realistik Matematika Indonesia: Perkembangan Dan Permasalahan. Dalam jurnal matamatika ataiu pembelajarannya. Tahun VIII. Edisi khusus, Juli 2002. Proseding

Konfrensi Nasional Matematika XI bagian I, UM 22-25 juli 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.