STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 7 TAKENGON PADA MATERI STATISTIKA

Khairul Asri, Fithri Angelia Permana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan siswa
SMA Negeri 7 Takengon untuk komunikasi matematis dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 7 Takengon pada siswa kelas XI
1
sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI
2
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa. Teknik
pengolahan data dianalisis dengan statistik kuantitatif menggunakan bantuan SPSS 17.0.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa
yang memperoleh pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan keseluruhan
siswa (0,00 < 0,05), peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh
pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan komunikasi
matematis siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan pengelompokkan siswa
[tinggi (0,001 < 0,05), sedang (0,0005 < 0,05), rendah (0,005 < 0,05)]. Tidak terdapat interaksi
antara penerapan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa, dikarenakan kelompok tidak memberikan hasil yang berbeda terhadap
peningkatan kemampuan komunikasi (0,701 < 0,05).


Full Text:

PDF

References


Sumarmo, U. (2012). Pengukuran dan Evaluasi dalam Pengajaran

Matematika. Bandung: Tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTPdan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui Berbagai

Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Lemlit UPI : Tidak

Diterbitkan.

Zahratunnisa (2014). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs. Negeri Bojong pada Materi Statistika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.