PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN ACEH BESAR

Fadhilah Fadhilah, Cut Nurul Fahmi

Abstract


Budaya Organisasi merupakan variabel kunci yang bisa mendorong keberhasilan guru yang pada
akhirnya dapat meningkatkan kinerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahterdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas diKabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodedeskriptis. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dengan Observasi, kuesioner, dokumentasidan wawancara. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan program SPSS17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budayaorganisasi terhadap kinerja gurutergambar dari aturan dan kebijakan dalam pembagian tugas,iklim organisasi, kebiasaan dan norma yang berlaku disekolah, pelibatan guru dalam perumusanvisi dan misi serta tata tertib sekolah sehingga dapat meningkatkan komitmen, tanggung jawab danketerampilan yang ditampilkan oleh guru.Besarnya nilai koefisien korelasi variabel budayaorganisasi adalah sebesar 0.642, sedangkan kontribusi variabel budaya organisasi terhadap
variabel kinerja guru sebesar 41.2%, sedangkan sisanya 58.8% di tentukan oleh variabel lain.Informasi ini memberikan keterangan bahwa variabel budaya organisasi memberikan pengaruhkuat terhadap kinerja guru.Koefisien regresi diperoleh sebesar 0.704, artinya setiap perubahanbudaya organisasi secara relatif akan mempengaruhi kinerja guru sebesar 70.4 %.


Full Text:

PDF

References


Luthan, Fred (2006). Perilaku Organisasi. (edisi ke-10). Bahasa Indonesia,Yogyakarta: andi .

Murniati dan Usman (2009). Implemetasi Manajemen Stratejik dalam

Pemberdayaan Sekolah

Rampersad, Hubert K (2006). Total Performance Scorecard, konsep

Manajemen Baru: mencapai Kinerja dengan integritas.Jakarta: Gramedia.

Sagala, Syaiful (2008). Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan;

Pemberdayaan Organisasi PendidikanKearah yang Lebih

Frofesioanal, dan Dinamis di Provinsi, Kabupaten/Kota, dan

Satuan Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sobirin, Achmad (2009). Budaya Organisasi:Pengertian. Makna dan Aplikasinya dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: UUP-STIM YKPN.

Usman, Husaini (2009). Manajemen: Teori & Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.