PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Erdi Surya, Anita Noviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model
pembelajaran Problem based learning pada materi ekosistem di SMA Negeri 11 Banda Aceh.
Penelitian ini telah dilaksanakan bulan April – Agustus 2017, lokasi penelitian pada sekolah SMA
Negeri 11 Banda Aceh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode eksprerimen
(exprerimental research) dengan desain penelitian, Pretest-Postest. Sebagai populasi ditetapkan
seluruh siswa kelas X. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XiA1 sebagai
kelas eksperimen dan siswa kelas XiA2 sebagai kelas kontrol yang di pilih berdasarkan random
sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan mengggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL), sedangkan Kelas kontrol diajarkan dengan model konvensional. Kedua
kelas ini di berikan materi dan butir soal yang sama Instrument dalam penelitian ini adalah soal
tes sebanyak 25butir soal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Lembar Kerja Siswa
(LKS) hasil belajar Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf
signifikan 0,05 diperoleh harga t-
hitung
sebesar 2,54 sedangkan nilai t-
tabel
1,68 sehingga t
-hitung
> tt-
tabel.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan problem based learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini akan memberikan manfaat langsung kepada guru
Biologi akan dapat mengetahui konsep ekosistem melalui strategi pembelajaran Problem Based
Learning (PBL)


Full Text:

PDF

References


Anni, C.T.2006. Psikologi Belajar. Semarang:UPT UNNES Press

Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidikan melalui problem Based Learning: Bagaimana Pendidik memberdayakan pemelajardi Era Pengetahuan . Jakarta: Kencana Prenata Media Group.

Departemen Pendidikan Nasional , 2004.Kurikulum 2004 :Konpetensi Standar Mata Pelajaran Sains. Jakarta :Depdiknas Republik Indonesia.

Duch, john W..1996. Biology. Addsison Wesley Publising Company.

Djamarah. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Erlina. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan

Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1

Mrerbau. Tesis, Tidak dipublikasi.Medan Program Pascasarjana Unimed.

Hanafiah, dkk.(2009) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika

Aditama

Kusnandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai

Pengembangan Profesi. PT Rajawali Pers. Jakarta

Nashar.2004. Belajar dan Pembelajaran.Bandung.:Erlangga.

Sudjana, A. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar

Baru Algensido Offset

Sutrisno. 2008. Konsep awal siswa dan tradisi

konstruktivisme. Pontianak FKIPUntan

Ryanto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progretif Edisi, Revisi

Jakarta Kencana.

Liliasari. (2000). Pengembanagan model Pembelajaran Berdasarkan

Konstruktivisme untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis Tingkat

Tinggi. Makalah :Pusat Studi Komputer Sains IKIP Bandung: Tidak

diterbitkan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.