PENGARUH PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KOMIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 MONTASIK ACEH BESAR

Cut Nasriyati, Safrida Safrida, Hasanuddin Hasanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis komik yang telah dikembangkan terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi organ tumbuhan di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017mulaitanggal 16 Februarisampaidengan 16 April 2016. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimendengan pendekatan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 rombel. yang berjumlah 62 orang, sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 20 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 20 orang di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal
berbentuk uraian untuk melihat angket motivasi peserta didik. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 17.0 For Windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji t untuk (1) motivasi, menunjukkan bahwa t-hitung> t-tabel yang mana t-hitung 2,272>2,204yang berarti terdapat
perbedaan motivasi belajarantara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka datadibuktikan oleh nilai sig 2-tailed, yang mana nilai sig 2-tailed untuk motivasi belajar 0,000<0,05. Kesimpulan menunjukkan bahwa LKPD berbasis komik yang telah dikembangkan berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi organ tumbuhan di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar.

 


Full Text:

PDF

References


Aleixo P & C Norris. 2007. Comics, reading and primary aged children .

Education and health 25 (4): 70-73.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi, Cetakan Kesembilan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dankontekstual dalam pembelajaran

abad21. Bogor: Ghalia indonesia Keller, J. M., And Keller, B. H. 2000.

Motivational delivery checklist. Floroda: State University

Olaniyi,S.2007.The Use of Educational Cartoonsand Comicsin Enhancing Creativity in Primary School Pupilsin Ile-ife, Osun State, Nige-

ria. Journal of Applied Sciences Research, 3 (10) : 913-920.

Purwanto, D., dan Yuliani. 2013.Pengembangan Media Komik IPA

Terpadu Tema Pencemaran Air Sebagai media Pembelajaran Untuk

Siswa SMP Kelas VII. Jurnal pendidikan Sains e-Pensa. Volume 01nomor 01 tahun 2013, 71-76

Sadiman,A.2007. Media Pendidikan(Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Production

Wahyuningsih, A, N. 2012. Pengembangan

Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran

yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science

Education. Jise 1 (1) (2012)

Waluyanto, H, D. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual

Pembelajaran, Jurnal Nirmana 7 (1) :45-55


Refbacks

  • There are currently no refbacks.