MODEL PENGEMBANGAN MANAJEMEN KONFLIK BERBASIS SEKOLAH

Muchsin Muchsin, Hambali Hambali

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengenali apakah penyebab terjadinya konflik dalam lingkungan
sekolah, bagaimanakah gaya dan teknik manajemen konflik di sekolah dan apakah pendekatan
dalam manajemen konflik dalam lingkungan sekolah. Konflik merupakan proses pertentangan
yang diekpresikan antara dua pihak atau lebih yang saling ketergantungan mengenai suatu objek.
Konflik sangat berpengaruh bagi seluruh komponen yang ada di sekolah oleh karena itu
pimpinan dan guru harus menguasai manajemen konflik agar konflik yang muncul dapat
berdampak positif untuk peningkatan mutu sekolah. Selanjutnya, penulis ingin mengembangkan
model manajemen konflik berbasis sekolah dimana model ini adalah teknik-teknik resolusi dan
stimulasi agar menghasilkan resolusi yang diinginkan terutama untuk pengembangan Model
Manajemen Konflik Berbasis Sekolah yang difokuskan untuk melahirkan sebuah rumusan
instrumen yang valid dan reliable serta menitikberatkan pada perumusan pengembangan
Manajemen Konflik Berbasis Sekolah.


Full Text:

PDF

References


dalam organisasi. Segmen Jurnal Manajemen Bisnis, (2): 15-27.

Ivancevich, John M, Konopaske, Matteson. 2006. Perilaku dan Manajemen Organisasi Edisi Ketuj uh . Penterjemah Dharma Yuwono.

Jakarta. Gelora Aksara Pratama

Kwantes CT, Karam CM, Kuo BCH,

Towson S. 2008. Organizational citizenship behaviors: The influence ofculture. Journal of Intercultural Relations, 32: 229-243.

Makmun, Abin Syamsudin. 2008.Profesionalisme Guru Sebagai Sebuah

Kebutuhan Materi Pelatihan TingkatNasional Pedagogik Guru. Bekasi. ISPI, UNJ

Muchsin, 2013. Manajemen PembelajaranBahasa Inggris pada Jurusan Pendidikan Agama Islam (Studi pada Fakultas Tarbiyah Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh), Serambi Tarbawi, Vol. 1. No.1, hal 107-136

Rivai, Veitzhal dan Sylviana Murni, 2009. Education Management; Analisis Teori dan Praktik. Jakarta. Rajawali Pers Robbins, Stephen P. 2000. Essentials of Organization Behavior, NewJersey.

Prentice Hall.Schermerhorn, Hunt, Osborn. 2005. Organization Behavior. Ninth Edition Wiley International Edition

Siagian,

Sondang P. 2002. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta

Gunung Agung

Sugiono. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfa Beta

Sule, Trisnawati dan Kurniawan Saefullah. 2005. Pengantar Manajemen. Edisi Pertama. Jakarta. Prenada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.