PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS MATERI GEOMETRI PADA MTs SE-ACEH TENGAH BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL SUKU GAYO

Bettri Yustinaningrum, Nurliana Nurliana, Nurmalina Nurmalina

Abstract


Pendekatan Realistic Mathematics berbasis kearifan budaya lokal menekankan pada pembelajaran
matematika yang dikaitkan dengan realita dan aktivitas kebudayaansiswa. Tujuan dari penelitian
ini adalahuntuk:(1) mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kearifan budaya
lokal suku Gayo berbasis realistic mathematics materi Geometri pada MTs se-Aceh Tengah, (2)
mensosialisasikan pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan
realistic mathematics pada MTs se-Aceh Tengah melalui seminar dan workshop. Pengembangan
perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D terdiri tahap Definisi (define), mendesain
(design), mengembangkan (development), dan menyebarkan (dissemination).Tahap Penyebaran
(Disseminate) merupakan tahap penyebarluasan hasil perangkat yang telah dikembangkan pada
skala yang lebih luas dilakukanmelalui workshop dengan peserta seluruh guru matematika MTs seAceh

Tengah. Perangkat pembelajaran yang dibuat adalah silabus, RPP, LKS, Buku Siswa dan
THB. Melalui Hasil ujicoba perangkat pembelajaran diperolehbahwa perangkat pembelajaran
valid, efektif dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Direktorat jenderal Pendidikan Islam

Departemen Agama. 2006.Undangundang

dan Peraturan Pemerintah

RI Tentang Pendidikan. Jakarta:

Departemen Agama.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan

Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan

Budaya Lokal pada Masyarakat

Minoritas(StudiatasKearifan Lokal Masyarakat Adat Suku

Baduy Banten). Jurnal Analisis. Volume XII. No. 1.

OECD. 2014. Result In Focus What 15-Year Olds Know and What They Can Do

With What They Know. OECD Publication.

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano 3(1):114.

Saliman. Pemanfaatan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik pada Proses Pembelajaran. file:///C:/Users/bonek%20mania/Do wnloads/Pemanfaatan%20Budaya

%20Lokal%20(1).pdf. 11 April 2015.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan

Matematika di Indonesia

(Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju

Harapan Masa Depan.Jakarta:

Depdiknas.

Soviawati, Evi. 2011. Pendekatan

Matematika Realistik (PMR) Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berfikir

Siswa Di Tingkat Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SDan.http://jurnal.upi.edu/file/9Evi_Soviawati-edit.pdf.

April

: 1-7.

Tandililing, Edy. 2013.Pengembangan

Pembelajaran Matematika Sekolah

dengan Pendekatan Etnomatematika

Berbasis Budaya Lokal

Sebagai Upaya untuk Meningkatkan

Kualitas

Pembelajaan

Matematika

di Sekolah. Seminar

Nasional Matematika dan Pendidikan

Matematika Jurusan

Pendidikan Matematika FMIPA

UNY. 9 November: 1-10.

Wagiran. 2013.Pengembangan Karakter

Berbasis Kearifan Lokal Hamemyu

Hayuni Bawan (Identifikasi NilainilaiKarakter Berbasis Budaya).

Jurnal Pendidikan Karakter 2(3):1-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.