KORELASI LOGICAL MATHEMATICAL INTELLIGENCETERHADAP MATHEMATICAL PROFICIENCY SISWA SEKOLAH DASAR KOTA BANDA ACEH

Aklimawati Aklimawati, Rifaatul Mahmuzah Mahmuzah

Abstract


Multiple Intelligences mencoba mengubah pandangan bahwa kecerdasan seseorang
hanya terdiri dari IQ saja. Multiple Intelligences memberikan pandangan bahwa
terdapat sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu, yang membedakan
tingkatan dominasi dari kecerdasan tersebut. Salah satu kecerdasan yang sangat
erat hubungannya dengan kemampuan matematika adalah kecerdasan logika
matematik. Inteligensi matematis-logis (logical-mathematical intelligence) adalah
kemampuan yang berkaitan dengan penggunaan bilangan dan logika secara efektif.
Penelitian ini bertujuan mengetahui korelasi logical-mathematical intelligence
terhadap mathematical proficiency siswa kelas VI Sekolah Dasar. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar kota Banda Aceh, adapun yang
menjadi sampel adalah siswa kelas VI pada 3 Sekolah dasar di Banda Aceh, yaitu
SDN 67 Percontohan, SDN 37 Banda Aceh dan SDN 63 Banda Aceh. Pengumpulan
data dilakukan dengan melakukan test logical-mathematical intelligence dan test
kemampuan Mathematical Proficiency siswa. Pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang kuat
antara kecerdasan logical-mathematical intelligenceterhadap mathematical
proficiency siswakelas VI Sekolah Dasar Banda Aceh. Hubungan ini diharapkan
mampu memberikan informasi bagi guru untuk meningkatkan logical-mathematical
intelligenceagar mampu meningkatkan kemampuan mathematical proficiencysiswa.

 


Full Text:

PDF

References


dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal

Formatif, 1(1).

Wahyuningsih, A. S. (2004). Hubungan antara kecerdasan emosional

dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMU LAB School

Jakarta Timur. Skripsi TidakDipublikasikan, Universitas

Persada Indonesia YAI, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.