KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA GAME EDUKASI (TTS KIMIA)

Ainun Mardhiah, Said Ali Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kerjasama siswa dalam proses belajar mengajar dengan
menggunakan TTS Kimia. Kerja sama merupakan usaha terkoordinasi di antara anggota
kelompok yang diarahkan untuk mencapai tujuan bersama melalui TTS yang berisikan materi
hidrokarbon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA MAN Negeri 16 Banda Aceh
sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar
observasi yang bertujuan untuk melihat sikap kerjasama siswa dalam proses belajar mengajar
menggunakan media TTS, selanjutnya dianalisis menggunakan rumus unuk melihat nilai
perkembangan kerjakeras yang dihasilan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sikap kerjasama
siswa tegolong dalam kategori tinggi yang dibelajarkan dengan media TTS Kimia yaitu sebesar
85,5. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan TTS Kimia dalam proses pembelajaran
pada materi hirokarbon sangat berpengaruh terhadap sikap kerjasama siswa dalam tim.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, 2000. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Aunillah, N.I., (2011), Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter diSekolah.Penerbit Laksana, Jogjakarta

Davis, et al. 2009. The Journal of Effective

Teaching. 9(3), 4-10 Heni Astuti, 2013. Efektivitas Penggunaan

Media TTS dan Kartu Soal di dalam Metode Diskusi pada Materi Koloid

Kelas XI Semester Genap SMAN Colomadu Karanganyar Tahun

Pelajaran 2011 / 2012. JurnalPendidikan Kimia (JPK), Vol 2, No1.

Harjanto, (1997), PerencanaanPengajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Lukita. 2012. Kerjasama dan Persaingan Kelompok. Di akses tanggal 20

februari 2016 melalui situs http://imadiklus.com

Rahmawati,I., (2012), Media Permainan

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diakses tanggal 19 September

melalui situs http://suaraguru.wordpress.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.