MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP CACAT MATA

Rahmadi Rahmadi

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan kurangtepat, sehingga judul penelitian ini adalah “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Cacat Mata. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and pictureuntuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Pengumpulan data dengan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Adapeningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture andpicture pada hasil belajar secara individual maupun secara klasikal pada materi cacat mata.

 


Full Text:

PDF

References


Isjoni. 2010. Cooperative Learning.

Bandung: Alfabeta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran

Inovatif. Medan: Media Persada.

Johar, Rahmah dkk. 2006. Strategi Belajar

Mengajar. Banda Aceh: Universitas

Syiah Kuala

Munandar, M 2006. Pokok-pokok

Intermadiate Accounting.

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Munandar, M 2012. Pokok-pokok

Intermadiate Accounting.

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Natalina, M., Yusuf, Y., & Rahmayani, D.

Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Picture And

Picture untuk Meningkatkan

Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi

Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Ukui

Tahun Ajaran 2009/2010.

BIOGENESIS (Jurnal Pendidikan

Sains dan Biologi), 7(02).

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Rahmini, Sri, dkk. 2007. IPA Terpadu 3

untuk SMP/MTs Kelas VIII.

Semarang: Aneka Ilmu.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran

Terpadu Konsep, Strategi, Dan

Implementasinya Dalam

Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi

Aksara.

Winkel, W.S, 2004. Bimbingan dan

Konseling di Sekolah Menengah.

Jakarta: PT. Grasindo.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi pembelajaran

Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan

Maadani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.