MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN DAN PERFORMANCE ASSESSMENT (TUGAS PAPER) PADA MATERI TURUNAN

Muhammad Isa, Khairul Asri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematika siswa
SMA melalui pembelajaran dan penilaian performance assesment pada materi turunan. Penilaian
ini dilakukan terhadap unjuk kerja, tingkah laku atau interaksi siswa. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa: Kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI SMA dan SMK
Kota Banda Aceh pada materi turunan secara tertulis dan lisan pada umumnya berada pada
kategori baik. Respon siswa terhadap penerapan performance assessment pada materi turunan
menunjukkan respon yang positif. Hampir seluruh siswa berminat mengikuti pembelajaran yang
diterapkan pada penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Pendekatan Saintifik, Sekolah Menengah Atas. Banda Aceh.

Marlina, F. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Script pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mueller, J. 2012.Authentic Assessment Toolbox: What is AuthenticAssessment?,(http://jfmueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/, diakses 27 Februari 2014).

Muliana, W., Ardana, M.,& Suweken, G.2013. Pengaruh Pembelajaran denganPendekatan Kontekstual Berbasis Asesmen Kinerja terhadap Hasil

Belajar Matematika Ditinjau dari Kebiasaan Belajar Siswa SMP

Dwijendra Bualu. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan

Ganesha, (2):1-10.

Mustamin, H. St., 2010.Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Asesmen Kinerja.Jurnal Lentera Pendidikan, 13(1): 33-43.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and

Standards for School Mathematics.

Universitas Michigan. Nurgiyantoro, B. 2008. Penilaian Otentik.

Cakrawala Pendidikan, XXVII (3):250-261.

Prayitno, S., Suwarsono, St.,&Siswono, T. Y.

E. 2013. Indentifikasi Indikator

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa dalam Menyelesaikan Soal

Matematika Berjenjang pada Tiap-tiap

Jenjangnya. KNPM V, Himpunan

Matematika Indonesia, Juni 2013:384389.

Siswono, T. Y. E. 2013. Pembelajaran

Matematika yang Menumbuhkan

Tindak Pikir Kreatif. Prosiding

SNMPM Universitas Sebelas Maret,

(2): 12-24.

Suhaedi, D. 2012. Peningkatan Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa

SMPmelalui Pendekatan Pendidikan

Matematika Realistik. Seminar

Nasional Matematika dan Pendidikan

Matematika FMIPA UNY, November:

-202.

Sulthani, N.A. Z. 2016. Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa Kelas

Unggulan dan Siswa Kelas Reguler

Kelas X SMA Panjura Malang pada

Materi Logika Matematika.

Universitas Negeri Malang.

Suskie, L. 2009. Assessing Student Learning.

San Francisco: Jossey-Bass.

Suwarsono. 2013. Pengembangan Kreativitas

dalam Pembelajaran Matematika pada

Kurikulum 2013. Prosiding SNMPM

Universitas Sebelas Maret, (2):1-11.

Umar, W. 2012. Membangun Kemampuan

Komunikasi Matematis dalam

Pembelajaran Matematika. Jurnal

Ilmiah Program Studi Matematika

STKIP Siliwangi, Bandung, 1(1): 178185.

Wardhani, S. 2010.Teknik Pengembangan

Instrumen Penilaian Hasil Belajar

Matematika di SMP/MTs, dalam Diklat

Guru Pemandu/Guru

Inti/PengembangMatematika SMP

Jenjang Dasar Tahun 2010.Pusat

Pengembangan dan Pemberdayaan

Pendidik dan Tenaga Kependidikan

(PPPPTK) Matematika. Yogyakarta.

Wren, D. G. 2009. Performance

Assessment:A Key Component of a

Balanced Assessment System.

Research Brief, Research from the

Department of Research, Evaluation,

and Assessment, (2): 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.