PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH

Hifzi Meutia, Rini Sulastri, Fithri Angelia Permana

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang penguasaan konsep
matematika dan peningkatan kemampuan siswa SMA 11 Banda Aceh dalam berpikir kreatif
dengan model Problem Posing. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 11 Banda Aceh khususnya
kelas XII-IPA
1
sebagai kelas eksperimen dan XII-IPA
2
sebagai kelas sampel. Jenis penelitian
adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrument tes berbentuk uraian sebanyak 10
soal dengan nilai tertinggi 50 dan terendah 0. Sebelum digunakan untuk menguji kemampuan
berpikir kreatif siswa pada pelaksanaan penelitian, soal tes diujicoba pada sekolah lain untuk
diketahui validitas, reliabilitas, daya pembeda untuk pretes dan postes. Teknik pengolahan data
dianalisis dengan statistik kuantitatif untuk tes kemampuan berpikir kreatif siswa dengan
software SPSS 17.0. Analisis statistik yang dilakukan berupa memberikan skor pretes dan postes.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir
kreatif siswa yang diajarkan dengan problem posing dengan pembelajaran biasa.

 


Full Text:

PDF

References


Afgani D, Jarnawi. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta:

Universitas Terbuka.

B.K. Noormandiri dan Endar Sucipto. (2000). Matematika SMU. Jakarta:

Erlangga.

Bonnie dan Potts. (2003). Strategies forTeaching Critical Thinking. Practical Assesment, Research & Evaluation. [online]. Tersedia: http://edresearch.org/pare/getvn.asp? v=4&n=3 [2 Juli 2017]. Depdiknas. (2007). Permendiknas No. 41

tahun 2007. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.

Devi, N. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model

Problem Posing (GI) untuk Peningkatan Kemampuan Berfikir

Kreatif Siswa terhadap Pelajaran Sejarah di SMP 06 Malang Kelas

VIII.2. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/arti

cle/view/798, (online). diakses tanggal 20 Juni 2017

Herman, T. (2006). Pebelajaran Berbasis Masalah untuk Kerangka Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SMP. Disertasi. UPI. Tidak diterbitkan.

Hassoubah, Izhab Zaleha. (2007).Develoving Creative and Critical

Thinking Skills (terjemahan).Bandung: Yayasan Nuansa Cendia.

Redhana, I Wayan. (2003). MeningkatkanKeterampilan Berpikir Kreatif SiswaMelalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan

Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran XXXVI. II: 11-21.

Sayidatutakhiyati. (2010). Metode Pembelajaran Kooperatif Model

Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kreatif Siswa

Kelas X-4 SMA Negeri Ngoro Jombang. Skripsi tidak diterbitkan.

Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.