PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRESTASI GRAFIK MELALUI PENDEKATAN MULTI-REPRESENTASI PADA MATERI GERAK LURUS

Hasbullah Hasbullah, Lina Nazriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan interprestasi grafik melalui
pendekatan multirepresentasi. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desain
jenis one group pretest and posttest design. Subjek penelitian diambil dengan cara teknik random
sampling dengan melibatkan 45 siswa yang belum belajar gerak lurus. Instrumen tes dalam bentuk
soal Multiple Choice mengacu pada indikator dalam tingkatan proses kognitif pemahaman
Anderson & Krathwohl. Pengolahan data dianalisis dengan menggunakan persamaan gain dengan
makna interprestasi merujuk pada acuan Hake. Berdasarkan analisis data penelitian dan
pembahasan diperoleh hasil bahwa kemampuan siswa pada sub materi pokok pada materi GLB
berada pada gain 0,41 pada katagori sedang dan GLBB pada gain 0,36 pada katagori sedang
sehingga pembelajaran dengan pendekatan multi-representasi efektif dan dapat meningkatkan
kemampuan interprestasi grafik pada materi gerak lurus.

 


Full Text:

PDF

References


Prestasi Belajar Fisika. Jurnal

Formatif, 5(1): 68-75.

Astuti, Y.W. (2013). Bahan Ajar Fisika SMA

dengan Pendekatan Multirepresentasi.

Jurnal Pendidikan Sains, 1 (4) : 382389.

Fatmawati, Muslimin & Kade A. (2015).

Identifikasi Tingkat Konsistensi

Representasi dan Pemahaman Konsep

Mahasiswa pada Format Verbal,

Grafik dan Diagram Dalam

Memecahkan Masalah Hukum III

Newton. Jurnal Pendidikan Fisika

Tadulako (JPFT), 4(1) : 33-38.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H.

(2012). How to Design and Evaluate

Research in Education Eighth Edition.

New York: Mc Graw Hill Inc.

Hake, R.R. (1998). Interactive-Engagement

Versus Traditional Methods : A SixThousand-Student

Survey of

Mechanics Test Data for Introductory

Physics Courses. American Journal

Association of Physics Teachers;

(1): 64-74.

Monika, S. (2014). Pengaruh Kemampuan

Membangun Model Representasi

terhadap Pemecahan Masalah Fisika

dengan Menerapkan Inkuiri

Terbimbing. Fakultas Keguruan dan

Ilmu Pendidikan. Universitas

Lampung.

Murtono, Setiawan, A., & Rusdiana D.

(2014). Fungsi Representasi Dalam

Mengakses Penguasaan Konsep Fisika

Mahasiswa. JRKPF UAD, 1(2) : 8084.

Mustain I. (2015). Kemampuan Membaca

dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi

Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN.

Scientiae Educatia, 5(2) ; 1-11.

Prain & Vaughan. (2007). Learning from

Writing in Secondary Science: Some

theoretical and practical implications.

International Journal of Science

Education. 28 (15) : 179-201.

Pujianto A., Nurjannah, &Darmadi I.W.

(2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada

Konsep Kinematika Gerak Lurus.

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako

(JPFT), 1(1) : 16-21.

Purwanti A, Sutopo, & Wisodo H. (2016).

Penguasaan Konsep dan Kemampuan

Representasi Materi Gerak Lurus

Siswa SMA Kelas XII. ProsidingSeminar Pendidikan IPA PascasarjanUM, 1(1) ; 53-58.

Rosyid, Jatmiko, B., & Supardi, Z.A.(2013). Meningkatkan Hasil BelajaFisika Menggunakan Model OrientasIPA (PBL dan Multi RepresentasPada Konsep Mekanika di SMA.Pancaran, 2(3) : 1-12.

Simamora, M.R., Sinaga P., & Jauhari A(2016). Pembelajaran FisikaMenggunakan MultirepresentasUntuk Meningkatkan Kemampuan

Kognitif dan Kemampuan PemecahanMasalah Siswa SMP Pokok BahasanGetaran dan Gelombang. ProsidingSNIPS 2016. 21-22 Juli 2016, 501505.

Suhandi, A., & Wibowo, F.C. (2012Pendekatan Multirepresentasi DalamPembelajaran Usaha-Energi danDampak terhadap Pemahaman KonseMahasiswa. Jurnal Pendidikan FisikaIndonesia, 8 : 1-7.

Sabdin, A.K. (2013). Pengembangan BahaAjar Kinematika Untuk Meningkatkan

Kemampuan Multimodal RepresentasMahasiswa Calon Guru Fisika (SuatStudi Pada Mata Kuliah Kajian FisikSekolah I Tahun Pembelajaran2012/2013).Tesis tidak dipublikasikan.

Banda Aceh : Pascasarjana Unsyiah.

Widianingtiyas, L., Siswoyo., & Bakri, F.(2015). Pengaruh PendekatanMultirepresentasi dalam PembelajaranFisika terhadap Kemampuan KognitSiswa SMA. Jurnal Penelitian &Pengembangan Pendidikan Fisika(JPPPF), 1(1): 31-38, e-Jurnahttp://jpppf.fisika-unj.ac.id.

Widodo, A. (2006). Revisi TaksonomBloom dan Pengembangan Butir SoalBuletin Puspendik. 3(2) : 18-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.