SISTEM INFORMASI KEAMANAN RUMAH BERBASIS SENSOR PASSIVE INFRA RED YANG TERINTEGRASI SISTEM KOMUNIKASI MOBILE GSM

Hendri Ahmadian, Dedi Satria

Abstract


Keadaan rumah yang tidak berpenghuni sangat rentan akan adanya aktifitas pencurian. Antisipasi menggunakan berbagai macam sistem penguncian pintu rumah juga kerap dapat diatasi oleh berbagai pelaku pencurian. Teknologi informasi saat ini tidak terlepas dari berkembangnya teknologi komunikasi telepon seluler atau dikenal dengan teknologi mobile. Telepon seluler saat ini merupakan bagian pokok yang selalu ada di setiap masyarakat sebagai alat komunikasi. Maka oleh sebab itu perlu adanya integrasi sistem keamanan rumah yang dapat diintegrasikan dengan sistem komunikasi mobile sebagai salah satu inovasi dalam sistem keamanan.Tujuan penelitian adalah perancangan dan pembuatan sistem keamanan rumah berbasis sensor passive infra red sebagai pendeteksi gerakan yang terintegrasi dengan sistem komunikasi mobile GSM. Penelitian menggunakan Sensor Passive Infra Red sebagai data input, Mikrokontroler Arduino Uno sebagai Pemroses data Sensor dan Modem GSM sebagai pengirim SMS pemberitahuan. Penelitian menghasilkan sebuah rangkaian prototipe sistem informasi keamanan berbasis komunikasi mobil GSM dan telah berhasil mengirimkan informasi keamanan ke pemilik rumah berbasis SMS.

Full Text:

PDF

References


Manikam, R. M., & Kirana, A. T. (2010). PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN RUMAH MELALUI FASILITAS SMS DENGAN

MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER AT89S52. Jurnal Ilmiah FIFO, 1(1), 89.

Nasution, T. H., Muchtar, M. A., Siregar, I., Andayani, U., Christian, E., & Sinulingga, E. P. (2017). Electrical appliances control prototype by using GSM module and Arduino. 2017 4th International Conference on Industrial Engineering and Applications, ICIEA 2017. http://doi.org/10.1109/IEA.2017.7939237

Riyadi, S., & Purnama, B. E. (2013). SISTEM PENGENDALIAN KEAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS SMS (SHORT MESSAGE SERVICE )

MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535.

Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4), 7–11.

Sadad, S., & Iswanto. (2010). Implementasi Sensor Pyroelectric Infra Red (PIR) Sebagai Pewaktu Televisi. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 13(2), 130–136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.