PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRESTASI GRAFIK MELALUI PENDEKATAN MULTI-REPRESENTASI PADA MATERI GERAK LURUS

Hasbullah Hasbullah, Lina Nazriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan interprestasi grafik melalui pendekatan multirepresentasi. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desain jenis one group pretest and posttest design. Subjek penelitian diambil dengan cara teknik random sampling dengan melibatkan 45 siswa yang belum belajar gerak lurus. Instrumen tes dalam bentuk soal Multiple Choice mengacu pada indikator dalam tingkatan proses kognitif pemahaman Anderson & Krathwohl. Pengolahan data dianalisis dengan menggunakan persamaan gain dengan makna interprestasi merujuk pada acuan Hake. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa kemampuan siswa pada sub materi pokok pada materi GLB berada pada gain 0,41 pada katagori sedang dan GLBB pada gain 0,36 pada katagori sedang sehingga pembelajaran dengan pendekatan multi-representasi efektif dan dapat meningkatkan kemampuan interprestasi grafik pada materi gerak lurus.

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, S. (1999). The Functions of Multiple representations. Computers

and Education, 33(1) : 131-152

Anderson L. W dan Krathwohl D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing; A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Longman Inc.

Astuti S.P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap

Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1): 68-75.

Astuti, Y.W. (2013). Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (4) : 382- 389.

Fatmawati, Muslimin & Kade A. (2015). Identifikasi Tingkat Konsistensi

Representasi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Format Verbal,

Grafik dan Diagram Dalam Memecahkan Masalah Hukum III Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(1) : 33-38.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education Eighth Edition. New York: Mc Graw Hill Inc.

Hake, R.R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory

Physics Courses. American Journal Association of Physics Teachers; 66(1): 64-74.

Monika, S. (2014). Pengaruh Kemampuan Membangun Model Representasi

terhadap Pemecahan Masalah Fisika dengan Menerapkan Inkuiri Terbimbing. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas

Lampung.

Murtono, Setiawan, A., & Rusdiana D. (2014). Fungsi Representasi Dalam

Mengakses Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa. JRKPF UAD, 1(2) : 80-

Mustain I. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scientiae Educatia, 5(2) ; 1-11.

Prain & Vaughan. (2007). Learning from Writing in Secondary Science: Some theoretical and practical implications. International Journal of Science Education. 28 (15) : 179-201.

Pujianto A., Nurjannah, &Darmadi I.W. (2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako

(JPFT), 1(1) : 16-21.

Purwanti A, Sutopo, & Wisodo H. (2016). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Materi Gerak Lurus Siswa SMA Kelas XII. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1(1) ; 53-58.

Rosyid, Jatmiko, B., & Supardi, Z.A.I. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar

Fisika Menggunakan Model Orientasi IPA (PBL dan Multi Representasi)

Pada Konsep Mekanika di SMA. Pancaran, 2(3) : 1-12.

Simamora, M.R., Sinaga P., & Jauhari A. (2016). Pembelajaran Fisika

Menggunakan Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pokok Bahasan

Getaran dan Gelombang. Prosiding SNIPS 2016. 21-22 Juli 2016, 501-

Suhandi, A., & Wibowo, F.C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi Dalam

Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8 : 1-7.

Sabdin, A.K. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika (Suatu Studi Pada Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah I Tahun Pembelajaran 2012/2013).Tesis tidak dipublikasikan. Banda Aceh : Pascasarjana Unsyiah.

Widianingtiyas, L., Siswoyo., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Pendekatan

Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Kognitif

Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF), 1(1): 31-38, e-Jurnal: http://jpppf.fisika-unj.ac.id.

Widodo, A. (2006). Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal.

Buletin Puspendik. 3(2) : 18-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.