LIQUIFIKASI, SAKARIFIKASI DAN FERMENTASI LIMBAH KULIT DURIAN SEBAGAI BAHAN BAKU PRODUKSI BIOETANOL MENGGUNAKAN Saccharomyces cerevisiae

Irhamni Irhamni, Diana Diana, Saudah Saudah, Dewi Mulyati, Vera Viena, Mulia Aria Suzanni

Abstract


Limbah kulit durian yang menumpuk akan menjadi sumber pencemar jika tidak diberdayakan dengan benar. Salah satu upaya untuk memberdayakan limbah kulit durian adalah mengolahnya menjadi produk bioetanol. Kulit durian mengandung 5% elemen zat tepung dan lignin yang mengandung 50-60% selulosa. Selulosa merupakan karbohidrat utama yang disintesis oleh tanaman dan hampir 60% penyusun struktur. Karbohidrat adalah bahan dasar dalam pembuatan etanol. Penelitian ini menggunakan limbah kulit durian untuk produksi bioetanol melalui proses fermentasi dengan penambahan Saccharomyces cerevisiae (ragi). Penggunaan enzim alphaamilase dan enzim glukoamilase untuk pemecahan selulosa dalam limbah kulit durian sehingga produksi bioetanol semakin meningkat. Sampel limbah kulit durian ini menunjukkan hasil dimana pH 4.5  dan suhu 35°C merupakan pH dan suhu fermentasi sampel limbah kulit durian yang memiliki persentase maksimum produksi bioetanol. Hal ini membuktikan bahwa konsentrasi etanol dalam air secara bertahap meningkat seiring dengan meningkatnya pH dan mencapai persentase maksimum produksi bioetanol pada pH 4,5 dan menurun pada pH 5. Melalui penelitian ini diharapkan mampu mengurangi pencemaran lingkungan dari penumpukan limbah kulit durian dan menjadi bahan bakar alternatif baru produksi bioetanol. 


Full Text:

PDF

References


Contreras-Calderón, J., Calderón-Jaimes, L.,Guerra-Hernández, E., & GarcíaVillanova,B. (2011). Antioxidant capacity, phenolic content and vitamin C in pulp, peel and seed from 24 exotic fruits from Colombia. Food Research International, 44, 2047– 2053.

Irhamni, (2009) Aplikasi fitoremediasi dalam penyisihan ion logam cromium (Cr) dengan menggunakan tumbuhan air (Typha latifolia). Tesis. Universitas Syiah Kuala

Ketsa, S., Paull, R.E., (2008). Durio zibethinus, durian. In: Janick, J., Paull, R.E. (Eds.), The Encyclopedia of Fruit and Nuts. CABI, Wellington, pp. 176–182.

Roda, A., De Faveri, D.M., Dordoni, R., Lambri, M., (2014). Vinegar production from pineapple wastes epreliminary saccharification trials. Chem. Eng. Trans. 37, 607-612.

Shinta, dkk, (2015). Pemanfaatan limbah kulit pisang menjadi etanol dengan cara hidrolisis dan fermentasi menggunakan Saccharomyce cerevisiae. Universitas Negeri Gorontalo.

Y. C. Wong dan V.Sanggari, (2014). Bioethanol production from sugarcane bagasse using fermentation process.Oriental journal of chemistry.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.