Sistem Penerapan Fuzzy Multi Attribute Decision Making (MADM) Dalam Mendukung Keputusan Untuk Menentukan Lulusan Terbaik Pada Sekolah Tinggi Teknik Poliprofesi Medan

Susmanto Susmanto, Zulfan Zulfan, Munawir Munawir

Abstract


Proses dalam menetapkan calon Kelulusan terbaik pada Sekolah Tinggi Teknik Poliprofesi Medan bukanlah hal yang mudah terlebih dengan mempertimbangkan beberapa alternatif dan kriteria pada suatu situasi yang bersifat samar (Fuzzy), maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan Fuzzy Multi Attribute Decision Making (MADM). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu untuk menentukan calon lulus terbaik dengan latar belakang yang beraneka ragam antara lain berdasarkan nilai indeks prestasi (IPK), Lama Studi semester berjalan, Lama penyelesaian Tugas Akhir (TA) dan nilai Tugas Akhir (TA) dimana masing-masing memiliki kriteria yang bobotnya berbeda, hal ini tentunya akan mempersulit pengambilan keputusan untuk menentukan lulusan terbaik yang efektif sehingga penilaian kelulusan terbaik tersebut tepat sasaran, serta proses untuk melakukan seleksi perangkingan dapat dengan mudah dan cepat disertai dengan data yang akurat ada di sekolah tinggi tersebut.

Full Text:

PDF

References


S. Fleeger, Software Engineering: Theory and Practice. Prentice Hall, 1997.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

K. Ade, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Siswa Baru pada SMA Theresiana Weleri Kendal Menggunakan Metode SAW,” Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2014.

I. Maulida, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus: MTs. Alwasliyah Tanjung Morawa),” J. Pelita Inform. Budi Darma STMIK Budidarma Medan, vol. 4, no. 2, 2014.

D. Andayati, “Sistem Pendukung Keputusan Pra-Seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB) On-line Yogyakarta,” J. Teknol. AKPRIND, 2010.

S. Kadarsah and R. M. Ali, Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi Dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1998.

R. . Saaty, “The Analytic Hierarchy Process -What It Is and How It Used,” J. Math. Model., vol. 9, no. 3–5, pp. 161–176, 1987.




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/jnkti.v1i1.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




The Journal has been Indexed by :

                 

 

BARCODE P-ISSN dan E-ISSN

Copyright © Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) . Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Serambi Mekkah

 Creative Commons License

JNKTI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.