PERANCANGAN PERMAINAN RESCUE-HELI ONLINE BERBASIS MACROMEDIA FLAS

Zulfan Zulfan, Dedi Satria, Fahmi Akbar

Abstract


Perkembangan teknologi komputer telah memberikan kemajuan pesat terhadap kemajuan teknologi game komputer. Salah satu jenis game yang disukai oleh anak-anak adalah game komputer yang menampilkan kelihaian anak dalam memainkan tombol atau kursor komputer sambil mengunpulkan poin. Permainan dengan mengumpulkan poin dan kelihaian tangan ini dapat ditemukan dalam permainan game dengan tema pesawat-pesawatan atau perang-perangan di angkasa.Akan tetapi pada saat ini masih banyak permainan-permainan yang masih menggunakan sistem stand alone yaitu aplikasi game yang harus diinstal dahulu pada komputer pengguna. Diketahui bahwa proses instalasi aplikasi game memerlukan waktu. Jika setiap pengguna game harus menunggu untuk memainkan game maka terdapat kebosanan yang ditimbulkan bagi pengguna game. Hal ini terlihat bahwa permainan tersebut kurang efektif dan efesien. Melihat kurang efektifnya beberapa permainan game anak-anak yang disediakan saat ini maka diperlukan sebuah teknologi penyediaan permainan game dengan tema perang-perangan dalam bentuk helikopter yang dapat diperoleh tampa  harus menjalani proses penginstalan dan dapat dimainkan dimana saja. Tujuan penelitian adalah membangun aplikasi permainan berjenis perang-perangan Rescue-Heli yang mengutamakan pada ketrampilan kecepatan tangan dalam mengumpulkan nilai dan memenangi permainan dengan menggunakan media keyboard. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan menggunakan pemrograman Actionscript 3.0 dan Macromedia Flash. Penelitian menghasilkan aplikasi permainan berjenis perang-perangan yaitu Rescue-Heli.


Full Text:

PDF

References


C. Gerson, Game Kreatif Untuk Anak – edisi pertama, Pertama. Yogyakarta: Andi Publisher, 2012.

Jasson, Role Playing Game (RPG) Maker, Pertama. Andi Publisher, 2011.

Zulfan and Samsuddin, “Analisa & Perancangan Edukasi Keamanan Berlalu Lintas bagi Masyarakat Berbasis Konten Multimedia Animasi,” Anal. Peranc. Edukasi Keamanan Berlalu Lintas bagi Masy. Berbas. Konten Multimed. Animasi, vol. 1, no. 1, pp. 22–30, 2016.

Madcoms, Membuat Animasi Kartun dengan Macromedia Flash MX 2011, Pertama. Yogyakarta: Andi Publisher, 2011.

Wahana, Panduan Aplikatif dan Solusi Adobe Flash Untuk Membuat Animasi Kartun. Yogyakarta: Andi Publisher, 2011.

W. Wibawanto, Membuat Game Dengan Macromedia Flash, Pertama. Yogyakarta: Andi Publisher, 2012.

A. Nilwan, Pemrograman Animasi dan Game Profesional, 2013th ed. Jakarta: Elexmedia Komputindo, 2013.

K. Rodion, Ultimate Game Design: Building RPG Game Using Adobe Flash Actionscript. Yogyakarta, 2011.

Mahmuda, “Sejarah Game.” .

A. Zainul, Membuat Mini Game Seru dengan Flash. Yogyakarta: Andi Publisher, 2011.

Wikipedia, “Permainan Arcade,” 2011. [Online]. Available: http://id.wikipedia.org/wiki/ Permainan_arkade.




DOI: http://dx.doi.org/10.32672/jnkti.v1i1.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




The Journal has been Indexed by :

                 

 

BARCODE P-ISSN dan E-ISSN

Copyright © Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) . Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Serambi Mekkah

 Creative Commons License

JNKTI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.