Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) merupakan jurnal ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang komputasi dan teknologi informasi.Jurnal ini terbit sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun yaitu pada Bulan April dan Oktober. Bidang bidang fokus penelitian yang akan dipublikasi dalam jurnal ini antara lain :

  • Bidang Rekayasa Perangkat Lunak
  • Bidang Jaringan Komputer
  • Bidang Multimedia dan Pengolahan Citra Digital
  • Bidang Komputasi
  • Multidisiplin ilmu lainnya yang relevan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal JNKTI yaitu Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi yang berbasis Online ini diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah.
Artikel JNKTI dimasukan melalui proses elektronik (OJS), sehingga setiap penulis wajib mendaftarkan diri dan memasukan naskahnya melalui OJS (Registrasi).
Setiap naskah yang masuk akan dilakukan peer review (blind review) oleh 2 (dua) reviewer. Peer review dilakukan secara online oleh reviewer dan hasilnya akan disampaikan kepada penulis melalui email.
Hasil review dapat berupa penerimaan, revisi, dan penolakan naskah. Maksimum waktu review adalah 1 (satu) bulan setelah penerimaan naskah. Proses peninjauan akan mempertimbangkan hal baru, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan rujukan. Reviewer akan menyarankan penerimaan artikel manuskrip. Editor akan memutuskan apakah manuskrip tersebut memenuhi persyaratan Jurnal JNKTI. Keputusan editor adalah final.

 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Frequency

Terbitan Berkala Ilmiah 1 Tahun sebanyak 2 kali terbitan:

  1. Bulan April
  2. Bulan Oktober

 

Publication Ethics

1. Penelitian Kebijakan Pelanggaran JNKTI

Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mencegah setiap kesalahan yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan untuk jurnal dan untuk menyarankan prinsip-prinsip dasar dan prosedur struktural dalam kaitannya dengan pertimbangan integritas penelitian yang diperlukan untuk memastikan etika penelitian.

2. Rentang kelakuan penelitian

Penelitian kesalahan yang disarankan dalam kebijakan ini berkaitan dengan penipuan dan mengacu pada fabrikasi data, pemalsuan, plagiarisme, dan kepenulisan yang tidak tepat.

  1. "Fabrikasi" mengacu pada tindakan apa pun yang melibatkan pembuatan informasi palsu tentang data atau temuan yang tidak ada.
  2. "Pemalsuan" mengacu pada manipulasi buatan dari bahan / peralatan / proses penelitian atau modifikasi / penghapusan data secara acak yang mengakibatkan konten penelitian terdistorsi atau hasil penelitian.
  3. "Plagiarisme" mengacu pada tindakan membajak ide orang lain, konten penelitian, dan hasil penelitian tanpa persetujuan atau kutipan yang dapat dibenarkan.
  4. "Penulisan yang tidak tepat" mengacu pada kasus-kasus di mana orang yang telah berkontribusi untuk isi penelitian atau hasil penelitian secara ilmiah dan teknis tidak memenuhi syarat sebagai penulis atau di mana seseorang yang tidak berkontribusi pada isi penelitian atau hasil penelitian secara ilmiah dan teknis tetapi telah terdaftar sebagai penulis hanya untuk mengucapkan terima kasih atau kesopanan.
  5. Tindakan yang disengaja untuk mengganggu investigasi penipuan tentang diri mereka sendiri atau orang lain atau tindakan yang dapat membahayakan informan.
  6. Evaluasi yang tidak adil mengenai penelitian orang lain atau pengungkapan atau pembajakan gagasan penelitian atau hasil penelitian yang diperoleh selama proses evaluasi.
  7. Tindakan yang sangat menyimpang yang tidak dapat diterima di komunitas bidang ilmiah dan teknologi.

3. Bagaimana cara jurnal menangani kesalahan dalam proses penerbitan?

 Editor dan penerbit memiliki kewajiban etis untuk:

  1. Mendukung kualitas dan etika proses peninjauan (pra-publikasi: disingkirkan; mencegah)
  2. Pastikan kebenaran literatur yang diterbitkan (pasca-publikasi: benar; berkomunikasi)
  3. Mendidik (mencegah)

Editor / jurnal memiliki kewajiban etis untuk menanggapi dan mengatasi tuduhan etis yang mungkin timbul tentang makalah atau makalah yang diterbitkan dalam tinjauan. Sistem dan prosedur tersedia untuk menyelidiki dan menangani situasi-situasi pelanggaran, termasuk kerjasama dengan investigasi dari lembaga-lembaga atau badan-badan pendanaan.

4. Bagaimana editor mengatasi dugaan pelanggaran publikasi?

  1. Tindakan pertama biasanya untuk menghubungi dan membahas masalah dengan penulis (dan pengulas).
  2. Universitas, lembaga, lembaga pendanaan, dan / atau lembaga pemerintah penulis akan diberi tahu.
  3. Investigasi biasanya dilihat sebagai tanggung jawab lembaga penelitian dan lembaga pendanaan; TIDAK biasanya domain jurnal.

5. Kemungkinan sanksi

Jika ada bukti kesalahan / penipuan:

  1. Sebelum publikasi (selama peninjauan): Naskah dapat ditarik dari tinjauan
  2. Pasca publikasi (koreksi literatur) Jurnal dapat mempublikasikan Retraksi, Catatan Kekhawatiran Editorial, Kesalahan / Koreksi dengan penulis atau penulis (sebagian atau semua) tanda tangan atau editorial dari pernyataan yang tepat tentang situasi tersebut. Makalah ini dapat "ditandai" dalam literatur.
  3. Editor menentukan apakah retraksi atau koreksi setelah mempertimbangkan apakah kasusnya penipuan atau kesalahan yang jujur. Mereka mempertimbangkan maksudnya dan kemudian sampai sejauh mana data itu salah / menyesatkan
  4. Penulis dapat dilarang mengirimkan ke jurnal.
  5. Editor dapat, dalam beberapa kasus, memberikan informasi untuk editor / penerbit lain.
  6. Editor dapat menerbitkan editorial di jurnal untuk membahas masalah secara umum dan meningkatkan kesadaran akan masalah tersebut.

 

Author Guidelines

Author Guidelines

Kerangka Artikel terdiri dari :  

Judul, 

Abstrak,

1. Pendahuluan,

2. Tinjauan Pustaka,

3. Metode Penelitian,        

4. Hasil dan Pembahasan,

5. Kesimpulan,  

Ucapan Terima Kasih  

Daftar Pustaka

Jumlah halaman pada artikel pada jurnal ini minimal 8 halaman. Setiap artikel yang dimuat dalam Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI)  harus menyesuaikan dengan aturan baku sesuai di panduan ini yang mengacu pada jurnal yang diterbitkan oleh Elsevier (www.sciencedirect.com). Untuk template penulisan jurnal bisa didownload di website.

Judul Penelitian

Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya  paling banyak 12 kata.

Abstract

Abstrak berisi latar belakang tentang masalah penelitian yang ingin dilakukan. Tujuan dan metode yang digunakan dalam penelitian juga dijelaskan secarang ringkas pada abstrak. Pada bagian akhir abstrak harus memuat hasil serta kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Template merupakan pedoman untuk menuliskan ikel yang akan dipublikasi pada Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi. Penulisan naskah dimulai dengan penulisan judul, nama penulis dan abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan panjang maksimum 200 kata dan dalam dalam satu paragraph. Abstrak harus ditulis secara ringkas dan jelas sehingga pembaca dapat menemukan kontribusi utama ataupun metode pemecahan masalah dari naskah yang dipublikasi.

Kata kunci: Maksimum 5 (lima) kata kunci atau frasa kata kunci

Pendahuluan

Bagian pertama adalah Pendahuluan, bagian ini berisi berisi motivasi (latar belakang penelitian), tujuan penelitian, posisi penelitian terhadap penelitian lain yang telah dilakukan sebelummnya, termasuk kebaruan penelitian dibandingkan dengan yang telah dilakukan, dan studi pustaka

Tinjauan Pustaka

Judul kerangka teori dapat mengunakan nama teori atau metode yang akan dipakai. Bagian kerangka teori berisi kerangka teori yang akan dibahas sebagai landasan teori yang akan digunakan pada metodologi untuk menghasilkan temuan sebagai hasil.

Pada bagian ini dituliskan teori yang mendukung penelitian dan relevan baik yang dikutip dari buku, jurnal atau Artikel ilmiah lainnya. Dalam bab ini juga dituliskan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Pengutipan menggunakan format IEEE.

Metode Penelitian

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun  padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan  mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.

Metode penelitian berisi tentang informasi penelitian yang dilaksanakan yang terdiri dari termasuk alur kegiatan penelitian, alat dan materi yang digunakan, tempat penelitian serta hal lainnya yang diperlukan. Penuliasan metode penelitian dilakukan secara rinci agar pembaca yang berminat untuk melakukan penelitian kembali dengan dapat dilakukan dengan memanfaatkan informasi yang tersedia dalam bagian metode. Flowchart penelitian juga dimasukkan dalam bab ini.

 

Hasil dan Pembahasan

Dalam bab ini dimasukkan hasil-hasil penelitian baik berupa tabel atau gambar. Untuk setiap tabel dan gambar diberikan penjelasan yang jelas sehingga pembaca dapat memahami isi dari hasil penelitian.

Kesimpulan

Kesimpulan dari penelitian dituliskan dalam bab ini. Penulis juga dapat memasukkan informasi jika penelitian ini akan

dilanjutkan.

Ucapan Terima Kasih

Sekiranya diperlukan, dapat dituliskan ucapan terima kasih yang merupakan bentuk apresiasi adanya kontribusi dari perorangan maupun lembaga yang tidak bisa masuk sebagai penulis. Misalnya pemberi dana penelitian yang terkait dengan publikasi ini. 

Daftar Pustaka

Format daftar pustaka ditulis dengan format IEEE.

[1]. O. Al-Qershi dan B. Khoo, “Passive detection of copy-move forgery in digital images: State-of-the-art,” Forensic Science International, Elsevier, No. 231 pp 284 – 295, Juli 2013

[2]. J. Moran, Michael dan Shapiro, H.N., Fundamentals Of Engineering Thermodynamics, 2nd ed. United States of America : John Wiiley and Son, 1993.

[3]. I. S. Jacobs and C. P. Bean, “Fine particles, thin films and exchange anisotropy,” in Magnetism, vol. III, G. T. Rado and H. Suhl, Eds. New York: Academic, 1963, pp. 271–350.

[4]. W. Rafferty, Ground antennas in NASA’s deep space telecommunications,” Proc. IEEE vol. 82, pp. 636-640, May 1994.

[5]. Koza, John.(2001, Nov.8) Operators of Genetic Algorithm [online].Available : http://www.cs.felk.cvut.cz/~xobitko/ga/operators.html.

DOWNLOAD TEMPLATE PENULISAN VERSI DOCX

 

 

Copyright Notice

Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik JNKTI dan Universitas Serambi Mekkah sebagai penerbit jurnal.

Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Penulis mempunyai hak untuk hal-hal berikut:

  1. menggandakan seluruh atau sebagian materi yang dipublikasikan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai bahan pengajaran di kelas atau bahan presentasi lisan dalam berbagai forum;
  2. menggunakan kembali sebagian atau keseluruhan materi sebagai bahan kompilasi bagi karya tulis penulis;
  3. membuat salinan dari bahan yang dipublikasikan untuk didistribusikan di lingkungan institusi tempat penulis bekerja. 

JNKTI dan Universitas Serambi Mekkah serta Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di JNKTI adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis

 

 

Author Fees

Jurnal ini membebankan biaya penulis berikut.

Penyampaian Artikel: 0,00 (IDR)

Penulis diharuskan membayar Biaya Penyerahan Artikel sebagai bagian dari proses pengajuan untuk berkontribusi dalam meninjau biaya.

Fast-Track Review: 0,00 (IDR).

Dengan pembayaran biaya ini, review, keputusan editorial, dan pemberitahuan penulis pada naskah ini dijamin akan berlangsung dalam waktu 4 minggu.

Biaya Publikasi: 200.000,00 (IDR). Penulis akan mendapatkan 1 eks jurnal versi cetak. Jika ada penambahan 1 eks jurnal versi cetak, maka akan dikenakan biaya 50.000,00 (IDR) per jurnal.

Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Anda akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel untuk menutupi biaya publikasi.

Jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar biaya tersebut, Anda akan memiliki kesempatan untuk membebaskan biaya masing-masing. Kami tidak ingin biaya untuk mencegah publikasi pekerjaan yang layak.

 

Indexed by

The Journal has been Indexed by :