Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Karakteristik Zat Melalui Implementasi Model Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Calang
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Karakteristik Zat Melalui Implementasi Model Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Calang. Media pengajaran merupakan salah satu dari komponen pengajaran. Kelemahan dalam memberikan informasi kepada siswa sering terjadi pada saat proses pelaksanaan pembelajaran dengan demikian dalam merancang dan menyusun pengajaran melibatkan banyak pertimbangan terlebih lagi bagi guru yang memberikan pelajaran kepada siswa yang mengalami kecerdasan di bawah rata-rata. Sehingga sering terjadi hambatan pada saat melaksanakan proses belajar mengajar sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 73 siswa yang hasil belajarnya tidak tuntas sehingga harus mengikuti remadial secara individu, setelah melakukan analisis perlu dilakukan perubahan dalam pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. PTK ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 1 Calang. yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes dan observasi. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung rata-rata. Berdasarkan penelitian ada peningkatan aktivitas guru dalam menggunakan media gambar. Tidak hanya apa yang akan dipelajari siswa, tetapi juga bagaimana siswa menggunakan apa yang dipelajarinya serta kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang membuat siswa terlibat langsung dalam materi yang diajarkan dan mampu memplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci : Hasil Belajar, Implementasi, Demonstrasi Karakteristik Zat.
Full Text:
XMLReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press
Gestwicki, C. 1995. Teori Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Subijanto, Bijah. 2001. Model simulasi untuk menghitung jumlah tenaga Kerja yang
optimal pada proses produksi (studi perbandingan antara model probabilistik dan model Deterministik) Jurnal Teknologi Industri Vol. V No. 2 April 2001.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru
Algensindo
Udin S. Winataputra. 1983. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Waterhouse.
Udin S. winataputra. dkk. (2009). Materidan dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta:
Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1i2.1140
Refbacks
- There are currently no refbacks.