Efektivitas Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Sistem Koloid dengan Menggunakan Model Pembelajaran Partner Switch

Marsantika Marsantika, Muhammad Zulfajri

Sari


Telah dilakukan penelitian dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi
Sistem Koloid. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa, mengetahui aktivitas dan respon siswa terhadap efektivitas pembelajaran bertukar pasangan (Partner Switch) pada materi Sistem Koloid. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh di kelas XI IPA 2 yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada materi Sistem
Koloid dilakukan pre-test pada awal pembelajaran dan post-test pada akhir pembelajaran, observasi terhadap keaktifan siswa melalui lembar observasi aktivitas siswa dan respon siswa diperoleh melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian, ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Partner Switch pada materi Sistem Koloid yaitu sebesar 85,71% dimana siswa telah mencapai ketuntasan individu, aktivitas siswa meningkat dari
77,08% menjadi 85,41%, dan respon siswa secara keseluruhan baik, tanggapan positif siswa sebesar 83,86% dan tanggapan negatif siswa sebesar 16,14%.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.