Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid

Sri Ismulyati, Febrian Ramadhan HR

Sari


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Koloid. Pembelajaran ini juga dikaitkan dengan lingkungan sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan mengetahui respon siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh di kelas XI IPA 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan post-test pada akhir pembelajaran, observasi terhadap keaktifan siswa melalui lembar observasi aktivitas siswa dan respon siswa diperoleh melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian, ketuntasan hasil belajar siswa melalui soal post test pada akhir pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lingkungan pada materi Sistem Koloid yaitu sebesar 88,57% terhadap 31 siswa yang telah mencapai nilai KKM, sedangkan siswa yang belum mampu mencapai ketuntasan hanya 4 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbasis lingkungan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa juga telah menunjukan taraf tuntas secara individu yaitu sebesar 81,25% yang secara umum siswa telah mengikuti prosedur pembelajaran dengan baik. Siswa juga memberikan respon secara keseluruhan baik, tanggapan positif siswa sebesar 91,14% dan tanggapan negatif siswa sebesar 8,85%. Respon positif yang diberikan oleh siswa menunjukan bahwa model pembelajaran PBL berbasis lingkungan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.