Pengembangan Teknologi Produksi Dan Pemasaran U Neulheu Di Desa Lingka Kuta Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh

Fatimah Zuhra, R Dedi Iman Kurnia, Safnina Sukma

Abstract


Selain kaya akan wisata alam dan sejarah, kuliner Aceh juga beragam yang menggiurkan. Pasalnya, masakan Aceh dikenal lezat dengan citarasa khas dan rempah-rempah yang membuat ketagihan. Masakan Aceh merupakan berbagai kebudayaan seperti Arab, India, Siam, Spanyol, China, hingga Belanda. Namun, yang paling banyak mempengaruhi adalah masakan Arab dan India yang banyak menggunakan bumbu dan rempah-rempah. Salah satu bumbu masakan Aceh yang khas yaitu U Neulheu. Di kecamatan Gandapura terdapat beberapa pengusaha U Neulheu dengan jenis usaha home industri. Usaha U Neulheu masih sangat tradisional dalam proses pembuatannya, yaitu masih mengandalkan matahari dalam proses pengeringan U Neulheu serta untuk menggongseng U Neulheu juga masih menggunakan kuali biasa yang menghabiskan banyak waktu. Target Luaran dari kegiatan PKM Ini adalah meningkatnya produktifitas usaha U Neulheu, manajemen usaha serta manajemen pemasaran yang baik, adanya peningkatan pengetahuan akan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran, memperluas jaringan pemasaran, dan merek dagang. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan usaha U Neulheu mereka.

Kata kunci : U Neulheu, Bumbu Masak, Kuliner Aceh

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen, 2016, Kabupaten Bireuen dalam angka 2016.

Hasrin Lubis, Al Fathir, Abas, Rancang Bangun Alat Penggongseng Kelapa Untuk Pembuatan Bumbu Dapur Dengan Menggunakan Pemanas Listrik Temperatur 800c Dengan Kapasitas 3 Kg, 2016, Jurnal Polimesin (ISSN: 1693-5462), Volume 14, Nomor 1, Februari 2016, Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Musarhan, Teknologi Tepat Guna Kelapa Gonseng Produk Gampong Cot Puuk, 2016, Politeknik Negeri Lhokseumawe

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Sumarwan. U, 2015. Pemasaran Strategic: Perspektif Perlilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press




DOI: https://doi.org/10.32672/btm.v1i3.1508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.